Sei Rampah, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai, Sumatera Utara, siap menjalin kerja sama di bidang pemberitaan dengan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA untuk mempromosikan potensi sumber daya alam dan peluang investasi di daerah itu.

"Pada prinsipnya kami siap menjalin kerja sama di bidang pemberitaan dengan ANTARA," kata Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H.T Erry Nuradi, saat menerima Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumatera Utara (Sumut) Simon Pramono, di Sei Rampah, Kamis.

Menurut dia, ANTARA sebagai kantor berita resmi Indonesia memiliki jaringan sangat luas dalam penyebaran informasi di dalam dan luar negeri.

Potensi yang dimiliki ANTARA tersebut, lanjut Erry, diharapkan mampu meningkatkan gaung informasi tentang berbagai pesan dan program pembangunan yang sedang dan akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai.

Pemkab Sergai dewasa ini juga giat melakukan promosi tentang potensi ekonomi di antaranya di sub sektor pertanian, agribisnis, pariwisata dan usaha kerajinan.

Di kabupaten seluas 1.900,277 km2 ini sudah berkembang perkebunan sejak zaman kolonial Belanda serta terus bertambahnya keanekaragaman tanaman perkebunan rakyat.

Selain perkebunan, katanya, di daerah itu masih cukup potensial dikembangkan tanaman palawija, di antaranya jagung, ubi kayu, kacang tanah, kacang kedelai dan kacang hijau.

Sergai juga memiliki potensi pertambangan yang ditandai dengan terdapatnya bahan galian C dan berbagai bahan tambang lain seperti pasir kuarsa, kapur, sinter, terumbu, trass dan zeolid.

Erry menyatakan optimistis melalui optimalisasi promosi dan pemberitaan positif tentang potensi ekonomi dan sumber daya alam tersebut akan membuat Serahi banyak dilirik oleh para investor dan wisatawan.

Sergai yang mekar dari Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2003 itu hingga kini terus berbenah melalui sejumlah program strategis untuk mewujudkan percepatan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat di kabupaten berpenduduk sekitar 600 ribu jiwa itu.

Sementara itu, Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Sumut Simon Pramono mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Pemkab Sergai mempromosikan kegiatan pembangunan, potensi ekonomi dan peluang investasi di daerah itu.

"Kerja sama di bidang pemberitaan antara Pemkab Serdang Bedagai dengan Perum LKBN ANTARA akan menjadikan potensi ekonomi dan program-program pembangunan di daerah ini (Serdang Bedagai) semakin banyak diketahui oleh masyarakat luas, termasuk para calon investor," ujarnya.

Beragam informasi dan foto tentang Kabupaten Sergai akan disiarkan antaranews.com dan portal berita online http://www.antarasumut.com yang merupakan salah satu unit bisnis Perum LKBN ANTARA.

"ANTARA saat ini telah menjadi kantor berita multi media, dengan memiliki berbagai unit usaha penyiaran, seperti unit pemberitaan televisi, portal berita online, kantor berita foto, pusat layanan pesan singkat (SMS Center) serta TV Plasma," katanya. (ANT-197/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010