Jakarta (ANTARA) - Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menguatkan tekad untuk berupaya mendidik kaum muda menjadi manusia yang berkualitas dan peduli pada sesama pada peringatan Hari Pramuka, Sabtu.

"Sesuai dengan slogan Pramuka berbakti tanpa henti, kami akan bertekad untuk terus berbakti di lingkungan masing-masing dengan bekerja secara ikhlas dan tanpa pamrih," kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komisaris Jenderal Polisi (Purn) Budi Waseso pada peringatan Hari Pramuka ke-60 di Jakarta.

Budi menuturkan bahwa pasang surut yang terjadi selama perjalanan Gerakan Pramuka tidak mengurangi tekad Gerakan Pramuka untuk melanjutkan upaya mendidik kaum muda menjadi manusia yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara serta berkontribusi pada terciptanya dunia yang lebih baik.

Peringatan Hari Pramuka Tahun 2021 mengangkat tema "Pramuka Berbakti Tanpa Henti Dalam Memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru Dengan Kedisiplinan dan Kepedulian Nasional" dengan slogan "Pramuka berbakti tanpa henti".

Pada peringatan Hari Pramuka Sabtu, Gerakan Pramuka memberikan penghargaan kepada anggota yang telah menunjukkan prestasi dan pengabdian, termasuk dalam mendukung upaya penanggulangan COVID-19.

Pandemi COVID-19 yang berlangsung sejak Maret 2020 juga membuat penyelenggaraan kegiatan pendidikan kepramukaan terhambat atau terpaksa ditunda pelaksanaannya.

Dalam kondisi yang demikian, Budi mengatakan, gugus depan-gugus depan berusaha menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang dapat diikuti oleh anggota dari rumah via daring atau kegiatan tatap muka dengan jumlah peserta terbatas dan penerapan protokol kesehatan.

Kendati demikian, pelaksanaan kegiatan via daring juga menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat pendukung dan akses internet.

"Namun sekali lagi sebagai Pramuka yang tabah, kami berusaha untuk dapat mengatasi hal tersebut," katanya.

Baca juga:
Presiden berpesan Pramuka harus jadi pelopor disiplin prokes
Khofifah: Pramuka harus ajak warga disiplin jalankan protokol kesehatan

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021