Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahkan Bintang Jasa Utama kepada Stanley Ann Dunham, ibunda Presiden Amerika Serikat Barack Obama, atas jasanya dalam penelitian tentang peran perempuan.

"Sebagai mengenang saja beliau dan ungkapan terima kasih pengabdian yang tulus dan kecintaan pada Indonesia, pemerintah Indonesia telah memutuskan menganugerahkan bintang jasa utama kepada almarhumah Stanley Ann Dunham," kata Presiden Yudhoyono dalam acara jamuan makan malam bersama Presiden Obama di Istana Negara, Jakarta, Selasa malam.

Presiden menjelaskan, Ann Dunham yang berkewarganegaraan Amerika Serikat melakukan penelitian di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta mengenai peran perempuan dan pemberdayaan sosial ekonomi.

"Ia melakukan `research` dengan penuh dedikasi dan pengorbanan," katanya.

Menurut Presiden Yudhoyono, hasil penelitian itu dituangkan dalam karya bermutu tinggi mengenai peran perempuan dan mikro kredit di desa-desa.

Visi dan hasil penelitian cemerlang banyak membantu komunitas intelektual dan pemerintah Indonesia dewasa ini, kata presiden.

Bahkan, kata Presiden Yudhoyono, kecemerlangan Ann Dunham telah melahirkan putera cemerlang yang menjadi Presiden Amerika Serikat dan tetap mengingat Indonesia.

Pada kesempatan itu, Obama mengucapkan terimakasih dan menerima langsung penghargaan dari pemerintah Indonesia.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama bersama Michele Obama, berada di Jakarta untuk melakukan kunjungan kenegaraan dan sejumlah agenda kerja lainnya.

Obama tiba di Istana Merdeka Jakarta, Selasa sore, dan langsung disambut oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Belasan mobil yang tergabung dalam iring-iringan kendaraan yang mengantar Obama tiba di Istana Merdeka tepat pukul 17.00 WIB.

Setibanya di halaman samping Istana Merdeka, Obama dan Michele disambut langsung oleh Presiden Yudhoyono dan Ibu Negara.

Keempatnya tampak akrab dan saling berjabat tangan. Sesaat kemudian, keempatnya menuju teras Istana untuk upacara penyambutan.

Dengan menghadap ke arah bendera kedua negara, Presiden Yudhoyono dan Obama mendengarkan lagu kebangsaan kedua negara, bersamaan dengan dentuman meriam.

Beberapa saat kemudian, Presiden Yudhoyono dan Obama memasuki ruang Kredensial di dalam Istana Merdeka dan berfoto bersama di hadapan para pewarta.

Setelah itu, Obama menghadiri pertemuan bilateral dalam format kecil yang akan berlangsung sekitar 30 menit. Setelah itu akan digelar pertemuan bilateral yang lebih besar, dan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari kedua negara.

Kemudian, Presiden Yudhoyono dan Obama menggelar konferensi pers bersama di halaman tengah komplek Istana Kepresidenan. Acara kemudian dilanjutkan dengan jamuan makan malam kenegaraan.

Keesokan harinya, Obama akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Dia juga dijadwalkan meletakkan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Obama juga akan berpidato di Universitas Indonesia, Depok, sebelum meninggalkan Indonesia dan bertolak ke Korea Selatan untuk menghadiri pertemuan puncak G-20. (F008*P008*G003*D013/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010