HMI PMO: HUT RI momentum penghargaan bagi garda terdepan COVID-19

HMI PMO: HUT RI momentum penghargaan bagi garda terdepan COVID-19

Ilustrasi - Pelepasan jenazah dr. Joko Ferdianto (51) merupakan salah soerang tenaga medis pertama di Belitung yang gugur akibat COVID-19. ANTARA/HO-Dinkes Belitung

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (PB HMI MPO) menyatakan bahwa peringatan HUT ke-76 RI adalah momentum untuk memberikan penghargaan kepada garda terdepan yang berjuang mengendalikan penyebaran virus corona di Tanah Air.

"Peringatan HUT ke 76 RI ini adalah momentum kita semua sebagai anak bangsa untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang terus berjuang melawan dan menangani pandemi di Tanah Air, baik untuk mereka yang sudah gugur maupun yang masih berjuang melawan pandemi dan sudah sepatutnya mereka diberikan gelar sebagai pahlawan kesehatan," kata Ketua Umum PB HMI MPO Ahmad Latupono saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Pihaknya pun mengapresiasi kinerja Presiden Joko Widodo dalam pengendalian COVID-19 termasuk vaksinasi yang sampai saat ini masih digencarkan oleh pemerintah untuk meningkatkan herd immunity.

"Vaksinasi yang sampai saat ini digencarkan oleh pemerintah perlu kita apresiasi karena vaksin itu adalah salah satu cara kita melindungi diri terhadap penularan virus COVID-19," papar Latupono.

Dikatakannya, upaya mengatasi COVID-19 adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya urusan pemerintah saja. Hal ini sejalan dengan pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Joko Widodo yang menyebut kerja sama semua pihak menjadi kunci menangani pandemi.

Baca juga: Tanda cinta untuk Pahlawan COVID-19 Jawa Barat
Baca juga: SWA juluki perusahaan dermawan di tengah COVID sebagai Pandemic Heroes


Latupono pun menyerukan seluruh lapisan masyarakat agar mendukung upaya pemerintah agar pandemi segera berakhir.

Dia juga mengajak masyarakat agar jangan sampai terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas dan menyesatkan.

"Kami mengajak kepada semua elemen masyarakat jangan sampai terprovokasi dengan isu-isu yang tidak jelas dan menyesatkan apalagi pihak-pihak yang sengaja memecah belah antarsesama. Mari kita bergandeng tangan membangun bangsa," tuturnya.

Dia optimistis pemerintah mampu memulihkan ekonomi Indonesia pascapandemi COVID-19.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato kenegaraan pada Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2021 di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin. Dalam pidatonya, Jokowi mengatakan kerja sama lintas sektor menjadi kunci dalam menangani pandemi.

Jokowi pun mengapresiasi antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Hal itu menunjukkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan semakin tinggi.

Baca juga: Panglima TNI: Masyarakat ikut vaksin adalah pahlawan kesehatan
Baca juga: RSD COVID-19 ajak warga jadi pahlawan dengan tak bepergian saat libur
Baca juga: Tepuk tangan 56 detik digaungkan hormati pahlawan COVID-19
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021