Jambi (ANTARA) - Sejumlah tenaga kesehatan (nakes) di Jambi yang berpakaian hazmat bersama para pasien COVID-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah isolasi BPSDM Jambi bersama-sama memperingati HUT ke-76 RI  yang berjalan dengan khidmat.

Meski tengah bertugas menjadi garda terdepan dan merawat pasien yang terpapar COVID-19, namun tidak menyurutkan semangat para tenaga kesehatan yang bertugas di rumah isolasi BPSDM Provinsi Jambi untuk tetap memperingati detik detik Kemerdekaan RI, Selasa.

Semarak memperingati HUT Kemerdekaan RI kali ini, para tenaga kesehatan atau nakes bersama pasien corona mengelar upacara bendera dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta mengheningkan cipta dan menyanyikan lagu Hari Merdeka bersama seluruh pasien COVID-19 yang tengah menjalani isolasi di BPSDM Jambi.

Baca juga: Masyarakat-pemerintah Desa Manyampa kibarkan bendera di hutan mangrove

"Meski digelar secara sederhana di tengah melawan COVID-19, namun peringatan kemerdekaan kali ini bagi kami mampu membangkitkan kembali semangat kami para pasien untuk sembuh," kata Suci Annisa jurnalis yang juga saat ini sedang menjalani isolasi di BPSDM akibat terpapar corona.

Sementara itu dokter jaga di rumah isolasi mandiri BPSDM Jambi, dr Subli mengatakan, banyak suka duka dalam menjadi tenaga medis yang bertugas di rumah isolasi untuk merawat pasien-pasien yang terpapar COVID-19 dimana mereka harus berpisah dari keluarga hingga 16 hari lamanya dan setiap hari harus memakai baju hazmat yang sesak dan panas demi menolong pasien untuk sembuh.

"Demi menjalani tugas sebagai garda terdepan kami para nakes tetap semangat dan ikhlas dan karena para nakes pun menemukan keluarga baru di rumah isolasi BPSDM Jambi ini semuanya membaur menjadi satu seperti keluarga," kata Subli.

Jumeidi seorang perawat yang menjadi nakes di rumah isolasi itu mengatakan saat ini ada sebanyak 40 pasien yang terpapar COVID-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri di BPSDM Jambi dan semua tengah berjuang untuk kesembuhan dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga.

Para dokter dan tenaga kesehatan yang bertugas di gedung BPSDM Jambi mengimbau kepada seluruh pasien untuk terus bersemangat demi kesembuhan dan kepada seluruh masyarakat Jambi agar selalu mematuhi protokol kesehatan dengan 5 M yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas.

Baca juga: Komunitas selam Biak kibarkan Merah Putih di dasar laut
Baca juga: Warga Magelang upacara HUT Ke-76 RI dalam nuansa perdesaan







 

Pewarta: Nanang Mairiadi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021