Jakarta (ANTARA News) - Berdasarkan penelitian dan riset angka kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan tubuh secara umum untuk rata-rata orang Indonesia dalam kondisi sehat terhadap vitamin C adalah sebesar 90 mg per hari. Kebutuhan tersebut akan meningkat lebih dari dua kali lipat dari AKG jika dalam kondisi cuaca yang ekstrim.

Dr Helmin Agustina, dokter dari Consumer Health Division PT Kalbe Farma Tbk, di Jakarta, Sabtu, mengatakan variasi dan bentuk vitamin C yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

Setelah beberapa tahun yang lalu ditemukan Ester- C, kini industri farmasi siap memasarkan vitamin c generasi terbaru, yakni Pureway-C. "Pureway-C adalah suplemen Vitamin C yang mudah diserap tubuh melalui sel lemak, bekerja lebih cepat dan bertahan lebih lama dibandingkan vitamin C sebelumnya," ujarnya.

Berbeda dengan Vit C pada umumnya yang larut dalam air, Pureway-C larut dalam lemak. Hal ini membuat Vitamin C generasi baru ini bisa bertahan hingga 24 jam di dalam tubuh, sementara Vit C yang larut dalam air hanya bertahan empat jam saja.

Selain itu, efek samping dari mengkonsumsi Vit C pun semakin dapat diminimalkan. Jika sebelumnya vitamin C dapat membentuk batu ginjal dan sakit lambung, maka dengan Pureway-C efek samping tersebut tidak dijumpai.

Menurut penelitian para pakar kesehatan dan ilmu pengetahuan, kata Helmin, fungsi dari Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia.

"Vitamin C juga penting untuk membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran," tegas Helmin.


<i>Antioksidan</i>

Helmin  menambahkan, selain fungsi penting tersebut, Pureway-C yang mengandung metabolic lipid juga bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan bioavailabilitas, distribusi dan absorbsi, serta biopotensi. "Pureway-C mempunyai daya kerja yang cepat dan kemampuan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan Vitamin C biasa, seperti Kalsium Askorbat dan Vitamin C ter-Ester,” ujarnya.

Keistimewaan lain, Pureway-C adalah dapat dikombinasikan dengan vitamin lainnya. Fungsi dari vitamin lain yang dikombinasikan misalnya dengan Vitamin B kompleks dan Zinc juga menjadi lebih efektif karena mudah terserap di tubuh melalui lemak.

Karena berbagai kelebihannya itu lah, Kalbe akan menjadi industri farmasi pertama yang akan memasarkan secara resmi dan massal Pureway-C di Indonesia. Peluncuran produk terbaru itu akan dilakukan akhir November ini.

"Ke depannya mungkin perlu dikembangkan Pureway-C dalam bentuk minuman atau suntik serta infus karena berdasarkan penelitian hal tersebut masih cukup baik," demikian Helmin. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010