Dua kabupaten di Sumsel waspada banjir besar musim kemarau

Dua kabupaten di Sumsel waspada banjir besar musim kemarau

Ilustrasi - Hujan deras mengguyur wilayah Kota Palembang, Jumat (30/12/2020) ANTARA/M Riezko Bima Elko P.

Sumatera Selatan (ANTARA) - Dua Kabupaten di Sumatera Selatan diimbau untuk sangat waspada adanya banjir besar selama fenomena hujan musim kemarau berlangsung tiga bulan ke depan (September-November).

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Klimatologi kelas 1 Palembang Nandang Pangaribowo di Palembang, Kamis, mengatakan banjir besar akibat hujan musim kemarau diprakirakan terjadi di Kabupaten Lahat dan Empat Lawang.

Menurutnya, potensi bencana banjir di kabupaten tersebut lebih tinggi karena topografinya kontras antara dataran tinggi dan dataran rendah.

Sebab tampungan air di hulu akan lebih deras tumpah mengaliri ke hilir dengan begitu timbul banjir besar.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini hujan level waspada di Sumsel

Baca juga: Banjir landa lima desa di Musi Rawas-Sumsel, ratusan rumah terendam

“Dari hujan yang turun, air bisa tiba-tiba datang membawa material, jadi yang di wilayah aliran sungai waspada aja,” kata dia lagi.

Stasiun mengklasifikasikan potensi bencana banjir dalam tiga kategori yakni kategori tinggi, sedang dan rendah selama rentang waktu tiga bulan tadi.

Pada September 2021 pihaknya mengingatkan ada potensi banjir kategori menengah di Kabupaten Musi Rawas, Ogan Komering Ulu dan OKU Selatan.

Sedangkan daerah potensi rendah ada 14 kabupaten kota yaitu Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Ogan Ilir.

Lalu Ogan Komering Ilir, OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan Penukal Abab Lematang Ilir, Kota Palembang dan Prabumulih.

Pada Oktober 2021 ada dua Kabupaten yang diprakirakan berpotensi banjir dengan tingkat potensi bencana banjir tinggi yakni, Kabupaten Lahat dan Empat Lawang.

Kategori potensi bencana banjir sedang-rendah Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musirawas Utara, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan Penukal Abab Lematang Ilir.

Sedangkan November 2021 pihaknya mencatat, Lahat dan OKU Selatan berpotensi banjir dengan potensi tinggi.

Untuk potensi sedang Kota Palembang, Prabumulih, Kabupaten Banyuasin, Empat Lawang, Lahat, Muara Enim, Musi Banyuasin, Musi Rawas.

Lalu Musi Rawas Utara, Ogan Ilir, Ogan Komering Ilir, OKU, OKU Timur, OKU Selatan dan Penukal Abab Lematang Ilir.*

Baca juga: BPBD ingatkan masyarakat OKU Sumsel waspada banjir

Baca juga: BMKG: Waspadai cuaca ekstrem saat Lebaran di Sumsel

Pewarta : Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021