Pangdam XII/Tpr melepas personel Yonif Raider ke Puslatpur Baturaja

Pangdam XII/Tpr melepas personel Yonif Raider ke Puslatpur Baturaja

Pangdam XII/Tpr memeriksa barisan pada upacara pelepasan yang berlangsung di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat. ANTARA/HO.

Pontianak (ANTARA) - Panglima Kodam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad secara resmi melepas personel Batalion Tim Pertempuran Yonif Raider 641/Bru untuk mengikuti latihan tempur ke Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Kodiklatad, di Martapura, Baturaja, Sumatera Selatan.

"Latihan tempur Yonif Raider 641/Bru dilaksanakan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI khususnya dalam mengamankan wilayahnya dari berbagai ancaman, baik yang datang dari luar maupun dari dalam negeri," kata Muhammad Nur Rahmad, di Pontianak, Minggu.

Sebanyak 772 prajurit Kodam XII/Tpr yang tergabung dalam Batalion Tim Pertempuran Yonif Raider 641/Bru akan melaksanakan pergeseran pasukan lintas laut dari Pelabuhan Dwikora Pontianak menuju ke Pelabuhan Panjang, Lampung melalui Operasi Pendaratan Administrasi oleh TNI AL menggunakan KRI Teluk Bintuni 520 dan KRI Teluk Banten 516.

Latihan akan dilaksanakan 22 Agustus sampai dengan 13 September 2021 di Puslatpur Kodiklatad.

"Adapun tujuan latihan ini, yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan satuan tingkat batalion yang diperkuat satbanpur dan satbanmin yang meliputi aspek kodal, prosedur pengambilan keputusan taktis, prosedur bantuan tembakan, bantuan tempur, dan bantuan administrasi sebagai bagian dari operasi darat sekaligus menguji doktrin lapangan Batalion Tim Pertempuran dalam operasi serangan," ujarnya pula.

Untuk keberhasilan latihan, dia menekankan kepada para personel yang akan latihan agar fokus pada tujuan dan sasaran latihan, lalu mengutamakan prinsip tidak ada kecelakaan saat latihan, dan mengembangkan materi yang diterima agar dapat dengan mudah diaplikasikan dengan baik di wilayah penugasan.

"Kemudian selalu melaksanakan tindakan taktis dan pertemanan dalam setiap kegiatan untuk menimbulkan naluri tempur, kemudian menjaga faktor keamanan personel dan materiil serta melaksanakan prosedur protokol kesehatan COVID-19 dalam setiap kegiatan, dan keenam, iringi setiap langkah dengan berdoa dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa," ujarnya pula.

Pangdam XII/Tpr juga mengucapkan selamat jalan dan selamat berlatih kepada para prajurit yang tergabung dalam Batalion Tim Pertempuran Yonif Raider 641/Beruang, serta berpesan agar dapat meraih prestasi dengan penuh rasa keyakinan dan optimisme yang tinggi.

"Laksanakan latihan dengan penuh rasa tanggung jawab, hindari penyalahgunaan media sosial, dengan tidak mengunggah video atau foto di akun pribadi kalian, baik kegiatan di satuan atau pun di daerah latihan. Ingat, kalian membawa nama baik satuan dan Kodam XII/Tpr, keberhasilan dalam latihan berarti pula keberhasilan Kodam XII/Tpr dalam pembinaan satuan," kata Pangdam pula.
Baca juga: F-16 TNI AU latihan rutin sambil pantau kebakaran hutan Riau
Baca juga: Jenderal TNI Andika Perkasa semangati prajurit jalani latihan tempur
Pewarta : Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021