Makassar (ANTARA) - Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan menyelenggarakan vaksinasi COVID-19 yang diikuti oleh 1.396 orang dan didominasi pemuda di wilayah setempat, Senin.

Vaksinasi yang mengangkat tema "Sentra Vaksinasi Pemuda" tersebut terselenggara atas kerja sama KNPI dengan Pemerintah Daerah, Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel, dan anggota Komisi IX DPR RI Ashabul Kahfi serta beberapa komunitas, seperti  driver Gojek dan komunitas pekerja Indihome.

Ketua PMI Sulsel Adnan Purichta Ichsan melalui keterangan resminya di Makassar, Senin, menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggara yang berperan dalam membantu pemerintah menghadapi pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemilihan Ketua KNPI Sulsel dengan E-Voting pertama di Indonesia

Baca juga: KNPI Sulsel Pencetus Konferensi Internasional Perubahan Iklim


“Apa yang dilakukan oleh PMI dan KNPI Sulsel adalah bagian dari usaha kita membantu pemerintah dalam percepatan pelaksanaan vaksinasi dan dapat menjadi contoh bagaimana pemuda mengambil peran di dalamnya,” ujar Adnan yang juga Bupati Gowa.

Kegiatan vaksinasi ini berlangsung dua hari dan dipusatkan di Markas PMI Sulawesi Selatan pada 20-21 Agustus 2021.

Kegiatan yang dilaksanakan dengan proses registrasi daring ini telah menerima data pendaftar sebanyak 1.396 orang terdiri atas pemuda dan masyarakat umum melalui proses skrining dan telah divaksin, sementara 33 orang lainnya tertunda.

Sementara itu Koordinator Penyelenggara Sentra Vaksinasi Massal, Arul mengatakan pihaknya akan kembali menggelar Sentra Vaksinasi Pemuda KNPI dan PMI Sulsel di Kabupaten Gowa dan Kabupaten Maros.

"Kami laksanakan dua hari, dan kita bagi per sesi, peserta datang sesuai jadwal agar tertib dan prokes tetap terjaga, ini sesuai arahan Ketua KNPI. Ada juga yang vaksinasi dosis kedua, tapi dominan dosis pertamaI," ujarnya.

Baca juga: Sulsel mulai berikan vaksin COVID-19 dosis III bagi nakes

Anggota Komisi IX DPR RI Ashabul Kahfi mengaku haru atas partisipasi masyarakat yang sangat besar dalam menggapai kemerdekaan dari pandemi COVID-19. Kahfi mendistribusikan 500 dosis vaksin pada kegiatan ini.

“Sangat bangga masyarakat tidak terprovokasi oleh hoaks yang aneh-aneh soal COVID-19 dan vaksinnya. Ini adalah upaya kita semua agar merdeka dari pandemi ini. Kepada adik-adik pengurus KNPI yang luar biasa dan PMI serta segenap penyelenggara, sebagai orang tua kami ucapkan terima kasih,” katanya.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021