Dukungan terhadap BBI ini diberikan dengan memperkuat peran pelaku UMKM di berbagai daerah sebagai penggerak perekonomian
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Pelangi Sulawesi dengan menyelenggarakan sejumlah webinar bertajuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Dukungan terhadap BBI ini diberikan dengan memperkuat peran pelaku UMKM di berbagai daerah sebagai penggerak perekonomian," kata Corporate Secretary BNI Mucharom dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Mucharom menyampaikan sejumlah webinar yang akan diselenggarakan BNI adalah seminar web bertajuk "UMKM Go Ekspor", "Kemitraan UMKM dengan Marketplace", "Tips berjualan Online", hingga "Edukasi Transaksi Nontunai dengan QRIS".

Ia menjelaskan bahwa BNI berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengampanyekan gerakan cinta produk Indonesia dengan tema #PelangiSulawesi.

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 juga selaras dengan fokus BNI untuk mendukung sektor UMKM melalui rangkaian kegiatan "Gelegar Entrepreneur".

"Rangkaian kegiatan tersebut meliputi program Enterprenuer Heroes, Festival Ide Bisnis, Pasar Digital UMKM, BNI Trade Forum, dan Xpora, yang membawa UMKM Indonesia menjadi lebih maju, berkembang dan 'Lompat Lebih Tinggi' menuju globalisasi dan digitalisasi," ungkapnya.

Tak hanya itu, BNI juga memberikan aneka promo menarik bagi pengguna kartu kredit dan debit BNI dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia #PelangiSulawesi.

Nasabah BNI dapat menikmati di berbagai promo mulai dari diskon 85 persen hingga cicilan 0 persen di berbagai marketplace seperti Blibli, Bukalapak, dan Shopee. Promo ini berlaku hingga 5 September 2021.

Lebih lanjut, Mucharom menyampaikan bahwa Pulau Sulawesi jika dilihat dari sisi historikal merupakan satu-satunya wilayah yang berhasil menjelajahi dunia dengan membawa produk rempah-rempah unggulannya.

Secara tidak langsung, produk tersebut sudah mampu Go International. Tak hanya itu, Pulau Sulawesi juga memiliki objek wisata yang indah dan menarik serta budaya yang beragam.

"Hal ini menginspirasi BNI untuk mengapresiasi para pendahulu di Sulawesi dalam mengarungi dunia melalui kampanye Bangga Buatan Indonesia #PelangiSulawesi dengan tagline 'Dari Sulawesi ke Mancanegara'," tutur dia.

BNI berharap melalui kampanye tersebut dapat meningkatkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap produk Sulawesi, serta dapat membawa produk tersebut ke kancah Internasional.

Adapun peluncuran Bangga Buatan Indonesia #Pelanggi Sulawesi akan dilaksanakan pada Kamis (26/8/2021) yang disiarkan secara langsung dari Ballroom Four Points by Sheraton Manado pukul 09.30 WITA atau 07.30 WIB dan dapat disaksikan melalui Zoom, YouTube BNI, dan YouTube Kementerian Perdagangan.

Baca juga: BNI sediakan KUR bagi petani porang
Baca juga: BNI cetak laba bersih naik 12,8 persen, capai Rp5 triliun semester I
Baca juga: Mengantarkan UMKM ke pasar global lewat Xpora


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021