Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir siap membantu pembangunan asrama putri pondok pesantren Bakti Madrasah Tsanawiyah (MTS) Satria, Yayasan (MIS) Darul Akhyar di Subang, Jawa Barat.

"Dari hasil diskusi dengan para pengurus ponpes, disampaikan bahwa dibutuhkan asrama untuk santriwati. Insya Allah saya dan PT Pupuk Indonesia akan mengusahakan bantuan untuk pembangunan asrama putri di MTS Bakti Satria, Yayasan (MIS) Darul Akhyar," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Minggu.

Komitmen untuk membantu pembangunan asrama putri tersebut berawal saat Erick Thohir mendapatkan informasi dari Pupuk Kaltim bahwa ada pondok pesantren di Subang yang perlu mendapatkan perhatian.

"Saya mendengar cerita dari Dirut Pupuk Kaltim bahwa ada pondok pesantren di Subang yang membina seratusan santri tengah memerlukan perhatian. Saya pun menyempatkan datang bersilaturahmi, dan sungguh terharu akan hangatnya sambutan yang diberikan para kiai, guru dan santrinya," kata Erick Thohir.

Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir mendorong perusahaan BUMN untuk turut membangun perekonomian umat.

Karena itu, dalam konteks membangun masyarakat ekonomi syariah yang kuat dan memberi manfaat bagi banyak orang, Erick terus mendorong agar perusahaan BUMN juga memberi manfaat bagi masyarakat, dalam bentuk produk dan inisiatif yang dilakukan perusahaan tersebut.

Perusahaan BUMN yang baik tak hanya perusahaan yang punya catatan kinerja positif dan pencapaian keuntungan semata. Namun lebih dari itu.

Akhlak perusahaan BUMN yang sempurna harus mampu memberi manfaat bagi masyarakat banyak, sekaligus membuat produk dan beragam inisiatif agar memberikan berdampak terjadinya hubungan antar masyarakat yang saling membantu.

Menteri BUMN mencontohkan, bentuk sinergi antara Pertashop yang dikelola Pertamina, lalu BRI Link milik Bank Rakyat Indonesia serta Bank Syariah Indonesia (BSI) yang berkomitmen memberikan dukungan produk dan jasa layanan perbankan dirancang akan mampu mengangkat perekonomian para pengusaha kecil di daerah dan juga kalangan pondok pesantren.
Baca juga: Kapolri ajak Ponpes bahu-membahu tanggulangi COVID-19
Baca juga: Lapangan pondok pesantren di Jagakarsa jadi lokasi vaksinasi massal

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021