Jakarta (ANTARA) - Argentina pada Minggu menyatakan pemain Aston Villa Emiliano Martinez dan Emiliano Buendia siap berlaga di tiga pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 pada September, kendati klub Liga Premier itu mengatakan kedua pemain hanya akan ambil bagian dalam dua laga pertama.

Penjaga gawang Martinez dan pemain sayap Buendia telah dipanggil untuk tiga laga Argentina melawan Venezuela (2 September), Brazil (5 September) dan Bolivia (9 September) dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 mereka.

Liga Premier mengatakan klub-klubnya tidak akan melepas pemain yang dipanggil untuk tugas internasional jika mereka memainkan pertandingan di negara yang termasuk dalam daftar merah Inggris Raya, namun kedua pemain pergi untuk bergabung dengan rekan setim mereka di Buenos Aires setelah bermain imbang 1-1 melawan Brentford, Sabtu.

"Kedua pemain telah setuju bermain dua laga pertama Kualifikasi Piala Dunia yang penting bagi Argentina melawan Venezuela dan Brazil, namun tidak akan ambil bagian dalam pertandingan internasional ketiga melawan Bolivia," kata Aston Villa dalam laman klub tersebut yang dikutip Reuters, Senin.

Baca juga: FIFA desak Liga Inggris dan Spanyol tak halangi pemain bela negaranya
Baca juga: Liga Premier tahan pemain sejumlah negara dalam jeda internasional


"Persetujuan ini berarti Martinez dan Buendia hanya akan melewatkan pertandingan Liga Premier kami dengan Chelsea sebelum siap untuk kedatangan Everton ke Villa pada 18 September agar memenuhi peraturan karantina COVID UK (Inggris Raya).”

Namun, seorang juru bicara bagi Asosiasi sepak Bola Argentina mengatakan kedua pemain akan bersedia untuk ketiga pertandingan dan mengutip keputusan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) sebelumnya terhadap La Liga tentang masalah yang sama.

"Pemain kami dijadwalkan untuk tiga tanggal sistem gugur dan hanya itu," kata juru bicara tersebut.

Badan sepak bola dunia FIFA mengatakan mengharapkan para pemain diizinkan bermain untuk negara mereka.

“Kami sekarang mengharapkan pelepasan pemain untuk kualifikasi Piala Dunia FIFA yang akan datang di Amerika Selatan berlangsung sesuai keputusan FIFA baru-baru ini, legalitas dan legitimasinya yang telah diakui hari ini, dalam keputusan CAS hari ini,” katanya dalam pernyataannya.

Argentina yang dua kali juara dunia berada di tempat kedua dalam 10-tim grup kualifikasi Amerika Selatan setelah enam pertandingan, dengan empat tim teratas otomatis lolos ke Qatar 2022.

Baca juga: Jelang kualifikasi Piala Dunia, Belgia tetap andalkan alumni Euro 2020
Baca juga: Spanyol tidak panggil Thiago dan Pedri jelang kualifikasi Piala Dunia
Baca juga: CAF desak Pemerintah Inggris berikan pengecualian kepada pemain Afrika


 

Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021