demi bisa memberikan layanan pendidikan yang lebih baik
Lamongan, Jatim (ANTARA) - Wakil Gubernur, Jatim, Emil Elestianto Dardak melakukan peninjauan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) pertama di SMA Negeri 2 dan SMK Negeri 1, Kabupaten Lamongan, Senin.

Emil, mengecek jalannya proses belajar mengajar, dan juga berinteraksi dengan sejumlah siswa yang hadir.

"Kami meninjau pelaksanaan tatap muka terbatas pertama yang dimulai hari ini, atas amanah Ibu Gubernur, memang beberapa tempat mulai melaksanakan PTM, demi bisa memberikan layanan pendidikan yang lebih baik," kata Emil, dalam siaran pers yang diterima di Surabaya, Senin.

Mantan Bupati Trenggalek itu memastikan proses dan sarana pembelajaran tatap muka berjalan dengan baik serta tidak memicu terjadinya kerumunan.

"Tinjauan ini untuk memastikan apakah pelaksanaan PTM berjalan dengan baik, termasuk dengan sarana dan prasarana yang memadai dan tidak terjadi kerumunan di antara para siswa," kata Emil.

Baca juga: PTM terbatas di wilayah PPKM level 2-3 di Jatim mulai 30 Agustus
Baca juga: Kasus naik, Disdik serahkan persetujuan PTM di Bangkalan ke Satgas


Emil meminta kepada orang tua siswa memberikan izin agar anak bisa mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah. Namun demikian, sifatnya tidak wajib karena harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

"Jadi ini yang ingin saya tekankan, bahwa tidak wajib orang tua harus memberikan izin anak bisa mengikuti pembelajaran tatap muka dan di sekolah dilakukan dengan penuh kehati-hatian," ujar Emil.

Terkait target, Emil meminta agar proses pembelajaran bisa berjalan terus seperti ini, karena berharap bahwa kondisi pandemi akan bisa dijaga dan bahkan turun ke depannya.

"Dan yang paling penting tantangannya adalah bahwa pembelajaran tidak hanya di 30 menit per jam pelajaran yang ada di sekolah, maka sesi-sesi ini harus dilakukan juga secara daring," katanya.

Emil juga menekankan bahwa pembelajaran juga dilangsungkan secara hybrid, atau kombinasi antara tatap muka terbatas dengan pembelajaran secara daring.

"Kalau tidak dilakukan secara hybrid tentu tidak bisa maksimal dalam memberikan pendidikan dan kurikulum yang dibutuhkan oleh peserta didik," katanya.

Baca juga: Gubernur: Sebanyak 2.536 pelajar di Jatim mulai gelar PTM
Baca juga: Gubernur Jatim ingatkan percepatan vaksinasi guru jelang PTM
Baca juga: KPAI: 79,54 persen sekolah siap selenggarakan PTM

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021