Polres Malang bantu upaya percepatan vaksinasi COVID-19

Polres Malang bantu upaya percepatan vaksinasi COVID-19

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono (kedua kanan) pada saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (2/9/2021). ANTARA/HO-Humas Polres Malang

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Malang membantu upaya percepatan pelaksanaan vaksinasi bagi warga Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok dari virus Corona.

Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan bahwa pada upaya percepatan kali ini, pihaknya menyiapkan 5.000 dosis vaksin COVID-19 melalui Gerai Vaksin Presisi untuk wilayah Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang.

"Untuk hari ini kami siapkan kurang lebih 5.000 dosis vaksin Sinovac, untuk masyarakat Kecamatan Pakisaji," kata Bagoes.

Bagoes menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi untuk 5.000 warga Kecamatan Pakisaji, Kabupaten Malang tersebut dilakukan pada tiga titik, yakni SDN 1 Genengan, SDN 5 Kebonagung, dan Gerai Vaksinasi Kantor Desa Wonokerso.

Ia menambahkan, di SDN 1 Genengan, dan SDN 5 Kebonagung disiapkan sebanyak 1.700 dosis vaksin Sinovac, dan sebanyak 1.600 dosis vaksin Sinovac di Gerai Vaksinasi Kantor Desa Wonokerso. Pelaksanaan vaksinasi itu, dalam upaya membantu pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

"Kami bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Malang untuk mempercepat program vaksinasi," katanya.

Baca juga: Irwasum Polri tinjau safe house penanganan COVID-19 di Kota Malang
Baca juga: Pemkot Malang pindahkan ratusan pasien isoman ke fasilitas isoter


Pelaksanaan vaksinasi tersebut, lanjut Bagoes, menyasar kalangan masyarakat umum, mulai dari pelajar, pedagang, dan masyarakat lainnya. Untuk menjaga pelaksanaan vaksinasi agar berjalan lancar tanpa menimbulkan kerumunan, pihaknya menerjunkan 100 personel gabungan.

Para personel tersebut diantaranya terdiri dari petugas Polres Malang, dan Polsek Pakisaji, Kodim 0818 Malang-Batu, serta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Malang, dan Linmas Kecamatan Pakisaji.

“Kami turunkan sekitar 100 personil gabungan, untuk mengamankan lokasi vaksinasi dan mengawasi penerapan protokol kesehatan," ujarnya.

Berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Malang, pelaksanaan vaksinasi di wilayah tersebut baru sebesar 16 persen, atau sebanyak 342.480 warga yang telah divaksin. Sementara target jumlah penerima vaksinasi di wilayah tersebut, mencapai 2.078.406 orang.

Tercatat, hingga saat ini, di wilayah Kabupaten Malang ada sebanyak 13.642 kasus konfirmasi positif COVID-19. Dari total tersebut, sebanyak 12.321 orang dilaporkan telah sembuh, 837 orang dinyatakan meninggal dunia, dan sisanya berada dalam perawatan.

Baca juga: Pemkot Malang beri relaksasi pembayaran PBB untuk pelaku usaha
Baca juga: Panglima TNI cek penanganan COVID-19 di Malang

Pewarta : Vicki Febrianto
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021