Polres Asahan gagalkan peredaran 28 kg sabu jaringan internasional

Polres Asahan gagalkan peredaran 28 kg sabu jaringan internasional

Ekspose kasus di Mako Polres Asahan, Jumat, terkait pengungkapan 28 kilogram narkoba jenis sabu-sabu. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Kepolisian Resor Asahan, Sumatera Utara menggagalkan peredaran 28 kilogram narkoba jenis sabu-sabu jaringan internasional dan meringkus satu pelaku.
 
"Satu pelaku yang diamankan berinisial NT (39), warga Kecamatan Sei Tualang Raso Kodya, Kota Tanjungbalai," kata Kapolres Asahan AKBP Putu Yudha Prawira di Mako Polres Asahan, Jumat.

Ia mengatakan bahwa pengungkapan narkoba tersebut berawal dari informasi masyarakat yang kemudian dilakukan penyelidikan.

Selanjutnya pada Jumat (27/8) sekitar pukul 21.00 WIB, personel Polres Asahan melakukan penggeledahan di rumah pelaku dan menemukan barang bukti sabu-sabu seberat 28 kilogram.

Baca juga: Pabrik sabu di perumahan mewah Karawaci digerebek polisi

"Sabu tersebut terbungkus dalam plastik berwarna hijau bertuliskan quanyingwang yang tersimpan di dalam goni, sedangkan pelaku NT melarikan diri saat petugas datang," katanya.

Kemudian pada Sabtu (28/8), petugas mendapat informasi keberadaan pelaku di Jalan Raya Kisaran - Air Joman tepatnya di Desa Karang Anyer, Kecamatan Kisaran Timur, Kabupaten Asahan.
 
Petugas melakukan pengejaran dan berhasil mengamankan pelaku. Selanjutnya pelaku dan barang bukti yang ditemukan dibawa ke Polres Asahan untuk proses penyidikan lebih lanjut.
 
Ia menyebut dari hasil interogasi, diketahui bahwa peran pelaku NT sebagai penyimpan barang. Saat ini pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap dua pelaku lainnya (DPO).
 
"NT ini telah menerima total 69 paket sabu dan menyimpan di rumahnya. Namun 42 paket sudah didistribusikan," katanya.

Pelaku NT dikenakan Pasal 114 ayat 2 Sub 112 Ayat 2 Undang-Undang Narkotika No 35 tahun 2009 dengan ancaman maksimal pidana mati atau paling singkat 20 tahun penjara.

Baca juga: Seorang tahanan kendalikan penyelundupan sabu-sabu ke Lapas Semarang
Baca juga: LP Mataram gagalkan penyelundupan sabu dalam bakso
Pewarta : Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2021