Wali kota Palangka Raya apresiasi kualitas lulusan Fisipol UMPR

Wali kota Palangka Raya apresiasi  kualitas lulusan Fisipol UMPR

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin saat menerima Dekan Fisipol UMPR Dr.(Kand.) Irwani di Balai Kota, Kamis(9/9/2021). Wali kota didampingi Kadisdik Akhmad Fauliansyah, Dekan Fisipol UMPR didampingi dua pejabat senior Dr.(Kand.) Novianto Eko Wibowo,S.Sos,M.AP dan Dr.(Kand.) Noor Asiah,S.Hut,M.AP. ANTARA/Humas Fisipol UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Wali kota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan apresiasi atas kinerja pengelolaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) sehingga menghasilkan lulusan yang siap beradaptasi dengan dunia kerja baik sektor pemerintah maupun swasta khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Apresiasi kepala daerah termuda di Provinsi Kalteng itu disampaikan saat menerima kunjungan Dekan Fisipol UMPR Kandidat Doktor Irwani,S.Sos,M.AP di Balai Kota Palangka Raya, Kamis(9/9). Wali kota didampingi Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya  Akhmad Fauliansyah, sedangkan Dekan Fisipol didampingi dua pejabat senior Kandidat Doktor Novianto Eko Wibowo,S.Sos,M.AP dan Kandidat Doktor Noor Asiah,S.Hut, M.AP.

Menurut Dekan Fisipol UMPR Dr.(Kand.) Irwani kepada ANTARA, Jumat, kerja sama dengan Pemkot Palangka Raya terus dikembangkan sesuai  kebutuhan 
Ibu kota Provinsi Kalteng itu yang berkembang pesat dan menjadi pilihan  kalangan dunia usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk mengembangkan usahanya maupun aktivitas usaha baru.  

Fisipol UMPR juga merasa terpanggil untuk melakukan pendampingan dalam optimalisasi peran Pemkot Palangka Raya dalam memenuhi ekspektasi publik yang menjadi semakin beragam, sebagai konsekuensi menjadi kota maju dan modern.

Fisipol UMPR juga terus berusaha mengambil peran melalui peningkatan kualifikasi pendidikan ASN Pemkot Palangka Raya, juga pada 12 kabupaten di Provinsi Kalteng.
Baca juga: Fisipol UMP terapkan pola perkuliahan riset kolaboratif
Baca juga: Kuliah lapangan Fisipol UMP analisis pascabencana karhutla-kabut asap

Baca juga: Fisipol UMP masuk konsorsium "Muhammadiyah Online University"
Lulusan Fisipol UMPR pada Program Studi Strata Satu (S1) Ilmu Administrasi Negara, S1 Ilmu Komunikasi, dan  Prodi Strata Dua (S2) Magister Administrasi Publik (MAP) dengan capaian Terakreditasi A/Unggul dari BAN-PT Kemendikbudrsitek itu telah menyebar pada lingkungan kerja sektor pemerintahan dan swasta di Provinsi Kalimantan Tengah, bahkan banyak yang menduduki posisi strategis.

Alumini Fisipol UMPR banyak menduduki posisi penting seperti Wali kota Palangka Raya dua periode Dr.HM.Riban Satia,S.Sos,M.Si, Ketua DPRD Kota Palangka Raya saat ini Sigit Karyawan,M.AP, sejumlah pimpinan OPD di Palangka Raya di antaranya Fordiansyah,M.AP, Ketua Bawaslu Kalteng Satriadi,M.AP dan banyak lagi alumni Fisipol UMPR yang tersebar di Kalteng dan daerah lainnya di Indonesia.

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Kalteng Dr.R.Biroum Berdinanto,M.Si juga bagian dari Fisipol UMPR sebagai Dosen Tetap Yayasan pada Fisipol UMPR.

"Bapak Wali kota Palangka Raya sepakat untuk saling melakukan penguatan bersama Fisipol UMPR. Kita juga segera rumuskan formulasinya untuk Palangka Raya menjadi daerah tujuan berusaha bagi masyarakat dalam negeri dan dari luar negeri,'' ucap Irwani.

Pola perkuliahan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yaitu memberikan kesempatan bagi warga yang sudah beraktivitas dan bergelut dengan dunia kerja untuk masuk kampus dengan mendapatkan pengakuan akademik dari aktivitasnya selama ini, sehingga bisa saja pengakuan sampai dengan setara tiga hingga lima semester.

"Peningkatan kapasitas dan kualifikasi ASN dan pegawai kontrak itu seperti melalui program studi lanjut di tingkat S1 dan S2 dan dapat pula dilakukan dalam pola RPL," ujar Dekan Fisipol UMPR Dr.(Kand) Irwani kepada Wali kota Palangka Raya Pairid Naparin.

Irwani menambahkan bahwa pihaknya akan selalu siap berkolaborasi, bersinergi, mendukung dan turut mengawal setiap program pemerintah kota Palangka Raya sesuai Catur Dharma Perguruan Tinggi.

Dekan Fisipol juga menyampaikan apresiasi atas tata kelola pemerintahan dan urusan publik di Palangka Raya yang memenuhi ekspektasi masyarakat lokal maupun pendatang.

Kalangan dunia usaha juga menyatakan rasa nyaman berusaha di Ibu kota Provinsi Kalteng itu. 
Baca juga: Fisipol UM Palangkaraya perluas kuliah lapangan luar negeri
Baca juga: Mahasiswa Fisipol UMP korwil Festival Pemuda tingkat nasional

 
Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2021