Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI Agustiar Sabran meminta kepada kontingen dari daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional di Papua (PON) XX Papua, lebih bekerja keras dan selalu optimis mampu mengharumkan nama daerah.

"Selain mengejar prestasi, kontingen Kalteng di sana juga wajib menjaga nama baik daerah sehingga nama provinsi kita baik di Papua nantinya," kata Agustiar Sabran usai mengikuti pelepasan Kontingen Kalteng yang hendak berangkat ke Papua di Palangka Raya, Jumat.

Legislator dari daerah pemilihan Kalimantan Tengah itu menuturkan, kontingen Kalteng harus optimis bisa meraih hasil yang sangat baik sehingga bisa mendulang medali emas di setiap cabang olahraga. Di mana, setidaknya hasil perolehan medali di PON Papua lebih baik dari PON 2016 Jawa Barat.

"Andalan kita di PON yang sering mendapatkan medali emas adalah dayung, tapi tidak menutup kemungkinan cabang lain juga meraih hal yang sama nantinya," katanya menambahkan.

Baca juga: KONI Kalteng larang atlet dan ofisial berkeliaran selama mengikuti PON
Baca juga: Persiapan KONI Kalteng menuju PON Papua sudah 75 persen


Dia juga mengingatkan kepada seluruh kontingen saat berada di Papua wajib menjaga kesehatan dan diharapkan tidak ada kontingen yang terpapar COVID-19 dan akan mengganggu jadwal bertanding mereka.

Apalagi Tim Satgas dari KONI Kalteng juga sudah mengeluarkan aturan untuk para kontingen ketika berada di tanah Papua. Seperti dilarang untuk tidak mentaati protokol kesehatan, mengurangi mobilisasi keluar tempat penginapan dan lain sebagainya.

"Doa kami semoga kontingen selama berada di sana kesehatannya selalu terjaga dan tidak ada hal-hal yang dapat merugikan mereka jelang berlaga di gelanggang nasional itu," katanya melanjutkan.

Agustiar yang juga menjabat Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng juga berpesan, agar seluruh kontingen harus piawai menjaga diri. Sebab, tanah Papua juga masih ada daerah yang berkonflik maka dari itu mengurangi mobilitas saat berada di sana juga harus benar-benar dilakukan.

"Harapan kami yang terpenting semua kontingen yang berangkat dan pulang nanti selamat dan dalam keadaan sehat dan terhindar dari wabah COVID-19," pungkas kakak kandung Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu.

Baca juga: Atlet Kalteng jalani karantina sebelum berangkat ke PON Papua
Baca juga: LaNyalla dukung Jatim juara umum PON XX
Baca juga: Tito ajak semua pihak dukung percepatan vaksinasi di Papua


Pewarta: Kasriadi/Adi Wibowo
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021