Kalau masalah skil, kami yakin mereka merupakan atlet terbaik apalagi mereka sudah masuk pusat pelatihan daerah (pelatda) hampir dua tahun
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan bonus sebesar Rp100 juta untuk 37 atlet asal daerah itu yang berhasil meraih medali emas dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021.

"Insya Allah, bonus atlet yang berhasil meraih mendali emas dalam PON XX Papua kita siapkan Rp100 juta, dan besarannya berjenjang untuk peraih medali perak dan perunggu," kata Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana kepada sejumlah wartawan di Mataram, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan seusai kegiatan pelepasan dan pemberian secara simbolis uang saku, serta honorarium atet dan pelatih PON XX Papua yang akan berangkat ke Papua pada tanggal 20 September 2021. Kegiatan itu dihadiri juga oleh Ketua KONI Mataram H Firadz Pariska, Ketua DPRD Kota Mataram H Didi Sumardi, SH serta jajaran terkait lainnya.

Baca juga: Gubernur Sumsel janjikan bonus Rp300 juta untuk medali emas PON Papua

Mohan mengatakan, pemberian bonus bagi para atlet peraih medali PON XX Papua tersebut, sebagai bentuk perhatian dan motivasi agar atlet bisa semangat dalam bertanding membawa nama baik Provinsi NTB dan Kota Mataram khususnya.

"Sebanyak 37 atlet asal Kota Mataram ini merupakan atlet pilihan sehingga dipercaya menjadi duta NTB dalam PON XX Papua," katanya.

Terkait dengan itu wali kota berharap agar para atlet bisa mempersiapkan mental karena banyak atlet yang baru mengikuti perhelatan skala nasional ini. Untuk itu, para atlet diminta bertanding lebih rileks sebab atmospir pertandingan tingkat nasional sangat berbeda.

Baca juga: Sumbar siapkan anggaran Rp9 miliar untuk bonus atlet di PON Papua

"Kalau masalah skil, kami yakin mereka merupakan atlet terbaik apalagi mereka sudah masuk pusat pelatihan daerah (pelatda) hampir dua tahun," katanya.

Sementara Ketua KONI Mataram H Firadz Pariska dalam kesempatan itu mengatakan, sebanyak 37 atlet perwakilan Kota Mataram yang akan mengikuti PON XX Papua tersebut merupakan atlet unggulan dan akan mengikuti sebanyak 12 cabang olahraga (cabor).

"Jika kita melihat target Provinsi NTB sebanyak 17 medali, Insya Allah atlet Kota Mataram bisa meraih medali emas 20-30 persen dari target tersebut," katanya.

Baca juga: Gubernur Jambi janjikan atlet berprestasi diangkat jadi PNS

Dikatakan, cabang olah raga yang diunggulkan bisa meraih medali emas antara lain, cabang menembak. Dari 11 atlet menembak PON XX semuanya berasal dari Kota Mataram, dan diyakini bisa memenuhi dua medali emas yang ditargetkan oleh Provinsi NTB.

Selain itu cabang olah raga atletik dan tolak peluru minimal bisa satu medali emas. Di samping itu, voli pasir, kempo, panjat tebing serta cabang-cabang olah raga lainnya juga berpeluang meraih medali emas.

Firadz mengatakan, dari 106 atlet yang dikirim menjadi duta NTB dalam PON XX Papua, sebanyak 37 atlet berasal dari Kota Mataram. Bahkan 19 orang pelatih Kota Mataram juga ikut serta menjadi pelatih untuk atlet PON XX lainnya.

"Ini menjadi salah satu bukti bahwa Kota Mataram sebagai barometer pembinaan atlet mampu memberikan kontribusi lebih untuk daerah," katanya.



 

Pewarta: Nirkomala
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2021