Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng menegaskan bahwa Irfan Bachdim tetap bisa memperkuat tim nasional juga bermain dalam Sea Games 2011.

"Irfan Bachdim tetap bisa memperkuat Timnas bahkan bermain dalam Sea Games 2011," kata Andi Mallarangeng dalam acara Pemaparan Program Prioritas Kementerian/Lembaga di Bawah Koordinasi Menko Kesra di Kantor Kemenko Kesra, Selasa.

Pernyataan Menpora tersebut menyusul wacana PSSI yang akan memberi sanksi kepada Irfan jika bermain di Liga Primer Indonesia (LPI).

Namun Menpora tidak menyatakan secara rinci, bagaimana nasib Bachdim jika dirinya benar-benar diberi sanksi karena bermain untuk Persema Malang yang bukan berkompetisi di bawah binaan PSSI.

"Saya rasa pernyataan saya sudah jelas, Bachdim masih bisa memperkuat tim nasional," katanya.

Andi juga menambahkan, tidak boleh ada perseturuan ras, agama, partai politik, atau golongan apa pun dalam dunia sepakbola.

Menurutnya, semua orang yang menjadi Warga Negara Indonesia berhak memakai kostum dengan lambang Garuda di dadanya dan mewakili merah putih.

"Hal ini sudah saya tegaskan berkali-kali kepada media massa," katanya.

Dia juga menambahkan, tidak boleh ada diskriminasi dalam sepakbola termasuk juga di klub mana dia bertanding.

Sebelumnya, nama Irfan Bachdim terancam dicoret dari Tim Nasional karena dirinya berkompetisi dibawah Persema Malang yang menjadi peserta Liga Premier Indonesia (LPI).

(W004/S026)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011