BMKG: Waspadai potensi hujan lebat akibatkan banjir di Sumut

BMKG: Waspadai potensi hujan lebat akibatkan banjir di Sumut

Arsi foto - Pengendara sepeda motor terperosok ke dalam lubang ketika melintasi genangan air yang merendam kawasan permukiman penduduk di Kecamatan Sunggal, Deli Serdang, Sumatera Utara. ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/kye/pri.

Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengeluarkan peringatan diri kepada masyarakat agar waspada potensi hujan lebat pada Selasa sore hingga malam di sebagian wilayah Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir dan tanah longsor.

"Waspadai potensi hujan lebat di Pantai Timur hingga pegunungan yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor dan banjir," kata Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan, Nora Sinaga dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Medan, Selasa.

Secara umum, cuaca pada siang hari berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di Asahan, Deli Serdang, Langkat, Binjai, Simalungun, Medan, Karo, Batubara, Serdang Bedagai, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu dan sekitarnya.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia

Baca juga: BMKG: HTH kategori ekstrem panjang masih melanda enam daerah di NTT


Sore-malam hari berawan dan berpotensi hujan ringan hingga lebat terjadi di Deli Serdang, Langkat, Binjai, Medan dan sekitarnya.

Dini hari umumnya berawan dan berpotensi hujan ringan di Kepulauan Nias dan sekitarnya.

Suhu udara 24-31 derajat Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, angin berhembus dari Tenggara-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km per jam.

Baca juga: Kepala BMKG: Mitigasi dan peringatan dini tsunami harus terintegrasi

Baca juga: BMKG: Gelombang tinggi masih berpotensi di laut selatan Jabar-DIY
Pewarta : Juraidi
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021