Ternate (ANTARA) - Kedatangan tim futsal Maluku Utara yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua mendapat sambutan meriah dari warga Maluku Utara yang tinggal di Papua.

Tim futsal Malut tiba sekitar pukul 11.00 WIT di Kabupaten Mimika dan langsung diterima PB PON Kluster Mimika. 

Ketua Kerukunan Keluarga Maluku Utara (KKMU) Mimika Hi Ahmad Dano Bagus dan Wakil Ketua Hi. Ibrahim, saat dihubungi ANTARA dari Ternate, Rabu, mengatakan pihaknya melakukan penyematan kalung bunga dan pemakaian topi adat Papua kepada Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Malut dan rombongan sebagai simbol dukungan terhadap tim futsal yang akan berlaga di PON Papua.

Selain itu, Keluarga Maluku Utara langsung melakukan konvoi keliling kota Mimika dan mengantarkan tim futsal ke tempat penginapan mereka.

Baca juga: Tim futsal Malut siap mainkan laga perdana di PON Papua 

Kedatangan duta Maluku Utara itu mendapat sambutan hangat dari KKMU Mimika dengan Tarian Soya Soya. Saat berada di bandara, rombongan tim futsal dipimpin langsung oleh Ketua AFP Maluku Utara Aldi Ali. 

Sementara itu, Wakil Ketua KKMU Hi. Ibrahim Buka, yang dihubungi Selasa (21/9) malam, menjelaskan warga Maluku Utara di Mimika akan terus memberikan dukungan penuh kepada tim futsal Maluku Utara selama bertanding di Mimika.

"Selamat datang duta terbaik Maluku Utara di Tanah Papua, kami akan selalu mendukung mulai hari ini kalian tiba sampai berakhirnya perhelatan PON yang kalian ikuti. Semoga kembali ke kampung halaman dengan senyum yang indah dangan membawa Emas," kata Hi Ibrahim Buka. 
 
Tim futsal Maluku Utara yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tiba sekitar pukul 11.00 WIT di Kabupaten Mimika dan langsung diterima PB PON Kluster Mimika. Tim futsal Malut juga mendapat sambutan meriah dari warga Maluku Utara dengan tarian soya-soya serta diarak keliling kota Timika. ANTARA/Abdul Fatah 


Seperti diketahui, Kabupaten Mimika menjadi salah satu lokasi pertandingan dari empat klaster penyelenggara PON XX Papua. Ada 12 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di kabupaten tersebut, salah satunya, yaitu futsal. 

Pertandingan futsal PON Papua akan digelar mulai 24 September hingga 3 Oktober 2021 di GOR Futsal SP 2 Mimika. 

Baca juga: Wagub Malut lepas kontingen PON menuju Papua 

Tim futsal Malut, yang merupakan peraih medali perak pada PON XIX, berada di grup B bersama dengan juara bertahan Jawa Barat dan Jawa Timur yang merupakan peraih medali perunggu PON XIX, serta dua tim kuat lainnya, yakni Sulawesi Selatan dan Banten. 

Sementara itu, Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Malut Aldhy Ali memberikan apresiasi yang luar biasa atas sambutan hangat dari Keluarga Malut. Menurut dia, sambutan itu tentu akan menambah semangat dan motivasi untuk tim sebelum bertanding.

Ia menjelaskan pada PON XX Papua, tim futsal Maluku Utara ditargetkan medali oleh KONI. Tim futsal Malut pun optimistis dan memohon dukungan serta doa dari masyarakat sehingga dapat berjuang maksimal untuk meraih prestasi terbaik sekaligus membawa nama baik Maluku Utara. 

Baca juga: PON Papua- KONI Malut sediakan Rp1 miliar untuk peraih medali PON 
 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021