Tim SAR cari pendaki hilang hingga ke lembah-lembah Gunung Guntur

Tim SAR cari pendaki hilang hingga ke lembah-lembah Gunung Guntur

Sejumlah petugas melakukan pencarian terhadap seorang pendaki yang hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat. ANTARA/HO-Polsek Tarogong Kaler.

Garut (ANTARA) - Tim SAR gabungan memperluas pencarian seorang pendaki yang hilang di Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat hingga ke lembah-lembah di gunung tersebut, namun hingga hari ketiga, Rabu korban belum juga ditemukan.

"Masih pencarian, masih diupayakan ke lembah-lembah," kata Kepala Polsek Tarogong Kaler Iptu Masrokan saat operasi pencarian korban yang hilang di Gunung Guntur, Kabupaten Garut.

Baca juga: Jalur wisata pendakian Gunung Guntur ditutup karena ada pendaki hilang

Ia menuturkan tim gabungan dari Basarnas, Polri, TNI, BKSDA, dan sukarelawan masyarakat setempat berjumlah 100 orang telah melakukan pencarian sejak korban dilaporkan hilang Minggu (19/9) sore.

Petugas gabungan, kata dia, disebar untuk melakukan pencarian di jalur pendakian maupun di titik-titik lain seperti lembah di kawasan gunung tersebut.

Namun petugas yang sudah berusaha maksimal melakukan pencarian korban di hari ketiga itu belum juga membuahkan hasil hingga pencarian akan dilanjutkan besoknya, Kamis (23/9).

"Yang hilang belum ditemukan, mohon doanya semoga bisa segera ditemukan," kata Masrokan.

Baca juga: BKSDA Garut perketat izin pendakian ke Gunung Guntur

Ia menyampaikan pendaki yang hilang teridentifikasi bernama Muhammad Gibran Arrasyid (14) warga Kampung/Desa Citangtu, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut.

Korban melakukan pendakian secara rombongan berjumlah 14 orang tiga orang di antaranya perempuan pada Sabtu (18/9) sore, kemudian berkemah di Pos 3 sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak besoknya.

Baca juga: Pendaki ditemukan selamat tanpa baju di Gunung Guntur Garut

Namun saat akan melakukan pendakian kembali, korban lebih memilih tidak melanjutkan perjalanan menuju puncak dan tetap tinggal di Pos 3. Setelah temannya turun, korban tidak ada di tenda, barang atau peralatan milik korban pun masih ada di tempat.

Petugas yang sudah beberapa hari melakukan pencarian belum menemukan titik terang atau indikasi lain yang dapat menunjukkan keberadaan korban di Gunung Guntur.

Baca juga: Petugas cari seorang pendaki yang hilang di Gunung Guntur

Sementara itu, Gunung Guntur salah satu gunung di Kabupaten Garut yang selalu menjadi destinasi wisata pendakian oleh pendaki atau komunitas pecinta alam dari berbagai daerah.

Kawasan Gunung Guntur dibandingkan dengan gunung lain di Kabupaten Garut merupakan gunung yang cukup dekat lokasinya dari perkotaan atau tidak jauh dari Jalan Raya Bandung-Garut. ***3***
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Tunggul Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021