Jakarta (ANTARA) -
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) bekerja atau membantu korban bencana tanpa membeda-bedakan pilihan politiknya.
 
Hasto pada acara Pelatihan Dasar Manajemen Bencana dan Pengendalian Operasi Pencarian dan Pertolongan bagi Pengurus Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD dan DPC di seluruh Indonesia, secara daring, Selasa, mengatakan Baguna memang dibangun berbasis semangat kemanusiaan dan kebangsaan yang kuat.
 
Baguna, lanjut dia, harus menjalankan "dedication of life" yang dibangun oleh Bung Karno, yakni mengabdi pada bangsa dan Tanah Air Indonesia dengan rasa cinta yang berkobar-kobar.

Baca juga: Megawati meminta kepala daerah PDIP siapkan peta jalan tanggap bencana
 
"Karena itu, dalam menolong rakyat yang jadi korban bencana, maka kita tak akan pernah membedakan rakyat dari jenis apa pun, termasuk pilihan partai politiknya. Semua akan ditolong karena itulah kemanusiaan kita," ujar Hasto.
 
Menurut dia, semua anggota Baguna harus bekerja menolong rakyat karena mengemban misi Pancasila, khususnya gotong royong.
 
"Yang kuat membantu yang lemah. Prinsip inilah yang harus dipegang dengan baik oleh Baguna. Inilah yang menunjukkan Baguna menjalankan ideologi Pancasila dalam praktik," ujarnya.

Baca juga: Megawati membuka pelatihan manajemen bencana Baguna PDIP

Sementara itu, Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri menyebutkan tentang pentingnya keberadaan Baguna dan perlunya untuk selalu meningkatkan kemampuan anggotanya.
 
Megawati memberi contoh alasan kenapa Baguna selalu mendirikan dapur umum di setiap operasi penanganan bencana yang terlibat.
 
Ia mencontohkan bencana di Provinsi NTT beberapa waktu lalu di mana warga kebingungan dan hanya berlarian ketika bencana terjadi.

Baca juga: Megawati minta kader PDIP menghargai kaum disabilitas
 
Baguna kemudian hadir dengan dapur umum untuk setidaknya menyiapkan logistik dan makanan bagi para warga korban bencana.
 
"Karena itu, memang di dalam instruksi partai, saya selalu meminta terutama pada Baguna agar selalu menyiapkan diri dalam rangka membantu bencana," kata Megawati.
 
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021