Kami siapkan 1.000 dosis vaksin COVID-19 untuk narapidana dan warga di sekitar lapas
Sidoarjo (ANTARA) -
Ratusan narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Sidoarjo, Jawa Timur, menjalani vaksinasi COVID-19, dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus corona.
 
Vaksinasi yang dilakukan oleh Polresta Sidoarjo tersebut juga diikuti oleh warga di sekitar lingkungan lapas.
 
"Kami siapkan 1.000 dosis vaksin COVID-19 untuk narapidana dan warga di sekitar lapas," kata Kapolresta Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Kusumo Wahyu Bintoro di sela peninjauan vaksinasi di Lapas Kelas II A Sidoarjo, Rabu.

Baca juga: Vaksinasi aglomerasi targetkan Surabaya Raya masuk PPKM Level 1
 
Ia mengatakan vaksinasi tersebut dilakukan selama dua hari sejak Rabu ini dan Kamis (30/9) dengan menerapkan protokol kesehatan  ketat.
 
"Kami juga menyampaikan kepada narapidana supaya mereka tetap menjalankan protokol kesehatan meskipun telah menjalani vaksinasi," katanya.
 
Ia mengatakan upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 harus dilakukan bersama-sama, seperti yang dilakukan pihak Lapas Kelas II A bersama Polresta Sidoarjo, dengan memvaksinasi narapidana dan masyarakat sekitar.

Baca juga: 300 nakes Surabaya diperbantukan percepat vaksinasi di Sidoarjo
 
"Akselerasi vaksinasi COVID-19 harus menyasar semua masyarakat Kabupaten Sidoarjo. Untuk segera membentuk kekebalan komunal. Termasuk warga binaan Lapas Kelas II A Sidoarjo," ujarnya.
 
Kepala Lapas Kelas II A Sidoarjo Teguh Pamuji mengatakan saat ini terdapat 1.156 orang narapidana di lapas itu.
 
"Tiga bulan lalu sempat ada enam narapidana yang terkonfirmasi positif COVID-19, kemudian sekarang sudah sembuh dan diharapkan tidak ada lagi yang terkonfirmasi positif," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 Ika Unair Sidoarjo sasar wilayah padat penduduk
 
Ia mengatakan sebelum dilakukan penyuntikan vaksin oleh petugas Polresta Sidoarjo, pihaknya sudah mendapatkan vaksinasi dari puskemas setempat.
 
"Namun jumlahnya hanya 500 dosis dan kali ini kami menuntaskan seluruh narapidana yang belum mendapatkan vaksinasi," katanya.

Baca juga: Polresta Sidoarjo vaksinasi COVID-19 jamaah Shalat Jumat

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021