Makassar (ANTARA) - Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tirta Segara mengatakan, UMKM harus terus didorong karena sektor ini dapat menyerap 90 persen tenaga kerja dari jumlah angkatan kerja di Indonesia sebanyak 139,81 pada Februari 2021.

Hal itu dikemukakan Tirta disela kegiatan Toraja Highland Festival (THF) 2021 dan peringatan Bulan Inklusi Keuangan di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Selasa.

Berdasarkan data BPS diketahui pada Februari 2021 jumlah angkatan kerja sebanyak 139,81 juta orang atau naik 1,59 orang dibandingkan Agustus 2020.

Tirta mengatakan, OJK bersama Pemkab Toraja Utara serta stakeholder lainnya menggelar THF untuk mendorong sektor pariwisata, sekaligus UMKM yang menjadi penunjang pariwisata.

Pertimbangan pemilihan lokasi ini, lanjut dia, karena termasuk daerah yang terus melandai kasus pandemi COVID-19 yang kini sudah zero kematian akibat COID-19.

Sementara itu, Wakil Bupati Toraja Utara Fredrik Victor Palimbong berterima kasih dengan adanya kegiatan di masa adaptasi normal baru yang digelar dalam skala besar dan tetap mengikuti protokol kesehatan.

"Selama sepekan festival ini betul-betul membangkitkan sektor pariwisata kembali dan sekaligus mendorong UMKM yang jumlahnya lebih dari 144 sebagai penopang sektor pariwisata," ujarnya.

Pada kegiatan Bulan Inklusi Keuangan sepanjang Oktober 2021 selain menggelar Toraja Highland Festival, juga dilaksanakan workshop tentang Inklusi Keuangan, bincang dan temu UMKM, pameran produk UMKM dan lomba dan pameran fotografi yang mengangkat sektor pariwisata dan UMKM.
Baca juga: OJK: Sebanyak 72 persen debitur restrukturisasi kredit merupakan UMKM
Baca juga: Airlangga apresiasi dukungan OJK dan bank dalam akses pembiayaan UMKM

 
Wakil Bupati Toraja Utara Fredrik Victor Palimbong di sela kegiatan pembukaan Bulan Inklusi Keuangan 2021 dirangkaikan dengan Toraja Highland Festival (THF) di Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulsel pada 4 - 10 Oktober 2021. ANTARA / Suriani Mappong / Hp

 

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021