Peningkatan selera risiko mendukung mata uang pro-pertumbuhan, dengan pasangan safe-haven berkinerja buruk
Tokyo (ANTARA) - Mata uang aman dolar melayang di bawah level tertinggi satu tahun terhadap mata uang utama lainnya di sesi Asia pada Jumat pagi, di tengah meningkatnya sentimen risiko, sementara para pedagang menunggu petunjuk tentang kecepatan normalisasi kebijakan Federal Reserve (Fed) dari laporan penggajian bulanan yang diawasi ketat.

Dolar Australia yang sensitif terhadap risiko bertahan di dekat level tertinggi tiga minggu semalam, ketika mata uang itu melonjak 0,55 persen terhadap greenback.

Ekuitas global menguat dan imbal hasil obligasi naik setelah para pemimpin Senat AS bergerak untuk mencegah gagal bayar utang AS, sementara pelemahan global dalam harga-harga energi meredam kekhawatiran stagflasi yang membara.

“Peningkatan selera risiko mendukung mata uang pro-pertumbuhan, dengan pasangan safe-haven berkinerja buruk,” Rodrigo Catril, ahli strategi valas senior di National Australia Bank di Sydney, menulis dalam catatan klien.

Aussie telah membuat "langkah yang layak untuk menembus lebih tinggi," tetapi ujiannya adalah apakah mata uang itu dapat bertahan di sekitar 0,7315 dolar AS setelah beberapa upaya gagal tahun ini, kata Catril.

Mata uang Australia hampir datar di 0,73105 dolar AS dari posisi Kamis (7/10/2021), ketika menguat setinggi 0,7324 dolar AS untuk pertama kalinya sejak 16 September.

Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap sekeranjang enam mata uang lainnya, sedikit berubah di 94,202 setelah diperdagangkan dalam kisaran yang ketat pada Kamis (7/10/2021), tetap dalam jangkauan tertinggi minggu lalu di 94,504, level yang tidak terlihat sejak akhir September 2020.

Dolar naik tipis 0,06 persen menjadi 111,69 yen, melayang menuju ujung atas kisaran perdagangan satu setengah minggu terakhir.

Euro berkonsolidasi di sekitar 1,1555 dolar AS, setelah merosot pada Rabu (6/10/2021) ke level terendah 14-bulan di 1,1529 dolar AS.

Federal Reserve mengatakan kemungkinan akan mulai mengurangi pembelian obligasi bulanannya segera setelah November dan menindaklanjuti dengan potensi kenaikan suku bunga tahun depan, ketika peralihan kebijakan krisis pandemi bank sentral AS mendapatkan momentum. Data penggajian non-pertanian pada Jumat diperkirakan menunjukkan peningkatan berkelanjutan di pasar tenaga kerja, dengan perkiraan 500.000 pekerjaan ditambahkan pada September, jajak pendapat Reuters menunjukkan.

Sementara itu, sterling mempertahankan kenaikan 0,26 persen dari semalam diperdagangkan di 1,3617 dolar AS.

Komentar dari Kepala Ekonom baru bank sentral Inggris (Bank of England) Huw Pill bahwa tekanan inflasi terbukti lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya, memperkuat ekspektasi untuk kenaikan suku bunga pada Februari, dan bahkan mungkin tahun ini.

Baca juga: Dolar hentikan reli sejenak, jelang rilis data pasar tenaga kerja AS

Baca juga: Harga emas turun 2,6 dolar, tertekan kenaikan imbal hasil obligasi AS

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021