Jakarta (ANTARA) - Festival belanja online bulan ini akan diadakan pada 10.10, kebanyakan platform dagang dalam jaringan akan memberikan potongan harga pada hari itu.

Pesta belanja 10.10 merupakan rangkaian festival menjelang Hari Belanja Online Nasional 12.12 pada Desember nanti. Platform aggregator e-commerce Shopback memberikan tips agar belanja online menguntungkan.

1. Cari dan simpan kalender promo e-commerce
Riset merupakan tahap penting supaya konsumen bisa cerdas saat berbelanja. Oleh karena itu, konsumen harus mencari dan mencatat tanggal promosi dari setiap e-commerce.

Setiap e-commerce biasanya memiliki jam khusus untuk diskon, kembalian (cashback), kupon belanja sampai diskon kilat. Pada jam-jam itu, promosi yang diberikan biasanya lebih besar dibandingkan periode biasa.

2. Daftar belanja
Setelah mengetahui jadwal promosi, buat daftar barang yang ingin dibeli dan sesuaikan dengan hari promosi.

3. Bandingkan harga
Tidak kalah penting, tentukan dana untuk belanja dan pilih barang-barang yang ingin dibeli agar tidak melebihi dana yang disiapkan.

Selain itu, bandingkan juga harga pada toko atau e-commerce lain beserta potensi potongan harga atau promosi lainnya.

4. Baca ulasan toko
Jangan lupa mengecek rating dan ulasan toko ketika sudah menemukan barang yang diincar dan harganya sesuai dengan dana yang dimiliki.

Sebaiknya tidak mudah tergiur harga murah, cek rating toko dan ulasan pembeli sebelumnya agar tidak kecewa. Gunakan fitur sortir pada bagian ulasan dan baca juga komentar pada bintang satu dan dua jika ada, tidak hanya ulasan pada bintang lima.

5. Pasang pengingat
Pasang pengingat atau alarm jam promosi agar tidak ketinggalan potongan harga yang besar. E-commerce seringkali mengadakan promosi pada tengah malam. Jika demikian, siapkan energi dan atur waktu agar jam belanja tidak mengganggu istirahat.

6. Cek kupon diskon dari penyedia pembayaran
Mengecek promosi dari penyedia pembayaran berpotensi memberikan diskon ekstra saat belanja.


Baca juga: Shopee gandeng jenama lokal semarakkan 10.10 Brands Festival

Baca juga: Rayakan festival belanja 10.10, JD.ID gelar HarJOYnas Grand Show

Baca juga: Tips aman barang sampai tepat waktu saat Harbolnas

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021