Jakarta (ANTARA) - Aktor Cillian Murphy akan memerankan fisikawan Amerika bernama J. Robert Oppenheimer atau dikenal sebagai “bapak bom atom” dalam film garapan Christopher Nolan yang direncanakan tayang pada 2023.

Kesempatan ini akan menjadi yang pertama kalinya bagi bintang serial “Peaky Blinders” itu memerankan karakter utama dalam film Nolan, meski mereka telah beberapa kali bekerja sama. Sebelumnya, Murphy telah memerankan karakter penjahat Scarecrow di “Batman Begins” (2005). Selanjutnya ia juga muncul di film “Inception” (2010) sebagai Robert Fischer dan “Dunkirk” (2017).

Film “Oppenheimer” didasarkan pada buku pemenang Hadiah Pulitzer “American Prometheus: The Triumph and Tragedy of J. Robert Oppenheimer” karya Kai Bird dan Martin J. Sherwin.

Baca juga: "Peaky Blinders" akan berakhir di musim keenam

Meskipun Oppenheimer memainkan peran kunci dalam pembuatan senjata atom yang dikembangkan selama Perang Dunia II, ia kemudian memiliki perasaan rumit tentang kekuatan mematikannya. Oppenheimer melobi untuk kontrol internasional tenaga nuklir dan menentang penciptaan bom hidrogen yang lebih merusak.

Film ini ditulis oleh Nolan dan diproduseri oleh Emma Thomas, Charles Roven, dan Nolan sendiri. Rencananya produksi akan dimulai pada awal 2022. Seperti “Dunkirk” dan “The Dark Knight”, film “Oppenheimer” nantinya akan direkam dengan kamera IMAX.

“Film-film Christopher Nolan dan Emma Thomas telah mendobrak batas-batas yang dapat dicapai oleh penceritaan sinematik. Kami sangat senang bisa bekerja bersama mereka dalam proyek yang luar biasa dan luar biasa ini dan berterima kasih atas semangat dan komitmen bersama mereka terhadap pengalaman teater,” kata Kepala Universal Filmed Entertainment Group, Donna Langley, dalam sebuah pernyataan dikutip dari Variety pada Minggu.

Nolan juga akan bekerja sama kembali dengan direktur fotografi Hoyte Van Hoytema, editor Jennifer Lame, dan komposer pemenang Oscar Ludwig Göransson.

Universal Pictures akan mendistribusikan “Oppenheimer” secara global dan merilisnya di bioskop Amerika Utara pada 21 Juli 2023. Sebelumnya pada bulan lalu, Nolan telah memutuskan akan menggandeng Universal Pictures setelah “perang” penawaran yang melibatkan Paramount, Sony, hingga Warner Bros. Studio.

Baca juga: Christopher Nolan gandeng Universal siapkan film pembuat bom atom

Baca juga: "Tenet" raih 53 juta dolar selama akhir pekan

Baca juga: Nolan minimalkan adegan berdarah pada film Dunkirk

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021