Palembang (ANTARA) - Peraih medali emas cabang anggar pada Pekan Olahraga Nasional XX Papua 2021 untuk  Sumatera Selatan akan diganjar bonus senilai Rp300 juta dari pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Yusuf Wibowo di Palembang, Senin, mengatakan, dana tersebut sudah disiapkan untuk segera diberikan ke atlet.

“Sesuai janji gubernur ke atlet, bonus untuk peraih medali emas Rp300 juta,” kata Yusuf saat menerima kedatangan kontingen anggar Sumsel.

Pada ajang PON tersebut, kontingen anggar Sumsel meraih dua medali emas, satu medali perak dan satu medali perunggu.

Keberhasilan ini sesuai dengan target yang diberikan KONI Sumsel, yakni dua medali emas dari nomor perorangan sabre putra dan beregu sabre putra.

“Atas nama masyarakat Sumsel kami mengucapkan terima kasih kepada atlet yang sudah mengharumkan nama daerah di ajang PON,” kata dia.

Ia mengatakan pemprov akan memberikan apresiasi lebih ke atlet peraih medali ini atau tidak sebatas memberikan bonus.

Penghargaan ini sesuai dengan Permenpora RI bahwa peraih medali emas PON harus diapresiasi seperti dengan dijadikan ASN, kenaikan pangkat istimewa, mendapatkan jaminan hidup dan lainnya.

Artinya para atlet ini akan mendapat penghargaan sangat baik sesuai prestasi yang dicapainya, kata Yusuf.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Provinsi Sumsel Alfrenzi Panggarbesi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi yang memfasilitasi kebutuhan atlet selama masa persiapan hingga pertandingan di PON.

“Target kami, atlet-atlet ini akan memperkuat tim nasional,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang atlet peraih medali emas, Ricky Dhisullimah mengatakan ia sangat bersukacita atas apresiasi yang diberikan pemerintah.

“Tentunya kami sangat bahagia, apa yang kami perjuangkan juga dihargai oleh pemerintah,” kata Ricky.

Sebelumnya, tim anggar Sumsel memborong medali emas dan perak cabang olahraga anggar nomor sabel perorangan putra pada PON Papua melalui dua atlet andalannya Ricky Dhisullimah dan Irfan Nurkamil.

Kemudian, meraih medali emas nomor beregu sabre putra melalui Ricky Dhisullimah, M Irfandi Nurkamil dan M Dico Arfandi. Sedangkan medali perunggu diraih Aldo pada nomor perorangan floret putra.

Baca juga: Sumatera Selatan kembali dulang medali emas dari anggar
Baca juga: Sumsel borong emas dan perak anggar sabre perorangan putra
Baca juga: Sumsel loloskan dua atlet anggar ke final Sabel Individual Putra

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2021