Rencananya pendistribusian vaksin dilakukan pada Kamis besok
Ogan Komering Ulu, Sumsel (ANTARA) - Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, menerima 5.580 vial vaksin COVID-19 jenis Sinovac dan 440 vial AstraZeneca untuk masyarakat semua kalangan mulai dari pelayanan publik, lansia, hingga anak usia 12-17 tahun.

"Tambahan dosis vaksin ini tiba di Kabupaten OKU pada Selasa (12/10) sekitar pukul 19.40 WIB," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Ogan Komering Ulu (OKU), Andi Prapto di Baturaja, OKU, Rabu.

Andi mengatakan vaksin yang diterima pihaknya tersebut saat ini masih disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan OKU yang terletak di Kelurahan Tanjung Agung, Kecamatan Baturaja Barat dengan suhu yang telah ditentukan oleh pihak logistik.

Baca juga: Satgas: Penderita COVID-19 di OKU Sumsel tersisa sembilan orang

Ribuan vial vaksin tersebut akan segera didistribusikan ke 18 puskesmas yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten OKU dan dialokasikan untuk RS DKT Baturaja serta klinik Polres OKU.

"Rencananya pendistribusian vaksin dilakukan pada Kamis (14/10)," katanya.

Pendistribusian vaksin itu sendiri meliputi untuk Polres OKU sebanyak 1.000 vial, Kodim 0403 1.520 vial dan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU 3.060 vial.

Baca juga: Kabupaten OKU Sumsel menuju zona hijau COVID-19

Baca juga: BPBD OKU evakuasi jasad seorang warga tenggelam di Sungai Ogan


"Untuk Dinas Kesehatan ditambah 440 vial vaksin jenis AstraZeneca yang akan dialokasikan ke 18 puskesmas di Kabupaten OKU," ujarnya.

Dengan adanya tambahan dosis vaksin ini diharapkan dapat mempercepat vaksinasi bagi warga OKU untuk mencapai kekebalan kelompok sehingga terhindar dari penyebaran virus corona.

"Mudah-mudahan distribusi vaksin ke depannya lancar sehingga 269.955 warga OKU dapat divaksin hingga akhir 2021 sesuai target," ujarnya seraya menambahkan realisasi program vaksinasi di wilayahnya hingga saat ini sudah mencapai 34,7 persen.

Baca juga: Pasien sembuh dari COVID-19 di OKU Sumsel bertambah 32 orang

Baca juga: Tim gabungan lanjutkan upaya translokasi gajah liar di OKU Selatan

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021