Kolaborasi ini merupakan bentuk kerja sama yang kami anggap efektif dan cerdas untuk menjawab persoalan akses permodalan bagi masyarakat atau UMKM di dalam ekosistem Pospay Agen yang selama ini tidak mudah untuk mendapatkannya
Jakarta (ANTARA) - PT Pos Finansial Indonesia (POSFIN) selaku subsidiary BUMN PT Pos Indonesia (Persero), yang fokus dalam diversifikasi bisnis layanan jasa keuangan berbasis teknologi, berkolaborasi dengan penyelenggara peer-to-peer lending (P2P) PT Lumbung Dana Indonesia (Lumbung Dana) untuk memberikan akses pembiayaan modal kerja kepada masyarakat yang tidak memiliki rekening bank.

Direktur Utama POSFIN Setyo Budianto dalam rilis di Jakarta, Jumat mengungkapkan kolaborasi yang dilakukan dengan Lumbung Dana merupakan wujud komitmen POSFIN dalam melengkapi ekosistem Pospay Agen sebagai platform digital layanan keuangan dan pembayaran yang lengkap.

"Kolaborasi dengan Lumbung Dana adalah kerja sama yang sudah sangat dinantikan POSFIN. Melalui program pembiayaan modal kerja dari Lumbung Dana, tentunya dapat mempermudah bagi setiap agen dalam melayani kebutuhan keuangan dan pembayaran kepada masyarakat. Ini juga diharapkan dapat menjadi potensi baru pengembangan jaringan bisnis keagenan POSFIN," katanya.

Setyo menambahkan Pospay Agen merupakan salah satu bentuk nyata atas komitmen POSFIN sebagai perpanjangan tangan pemerintah demi percepatan pencapaian inklusi keuangan serta pembangunan ekonomi masyarakat di Indonesia.

Dengan berbasis pada jaringan keagenan yang telah tersebar luas di seluruh wilayah di Indonesia, terutama pada masyarakat yang termasuk ke dalam kategori terdepan, terluar, dan tertinggal (3T).

"Melalui kolaborasi dengan Lumbung Dana, maka POSFIN dapat memberikan peningkatan layanan keuangan digital, termasuk pembiayaan modal kerja kepada lebih dari delapan puluh ribu Pospay Agen yang terdaftar dan tersebar di seluruh Indonesia. Harapan ke depannya dapat pula meningkatkan jumlah agen menjadi dua ratus ribu Pospay Agen," ucapnya.

Co-Founder dan CEO Lumbung Dana Yoga Mahesa P Kurniarto juga menyambut baik inisiatif kolaborasi dengan POSFIN.

Ia mengapresiasi semangat POSFIN yang selalu melakukan inisiatif dan terobosan inovasi teknologi pada setiap fitur layanan jasa keuangan dan pembayaran melalui platform digital, terutama dalam program pinjaman modal kerja bagi masyarakat.

"Kolaborasi ini merupakan bentuk kerja sama yang kami anggap efektif dan cerdas untuk menjawab persoalan akses permodalan bagi masyarakat atau UMKM di dalam ekosistem Pospay Agen yang selama ini tidak mudah untuk mendapatkannya," imbuhnya.

Yoga mengatakan Pospay Agen dapat mengajukan pembiayaan modal kerja hingga maksimal Rp50 juta dengan tenor satu bulan peminjaman.

Melalui kolaborasi ini, diharapkan mampu memberikan peluang pengembangan usaha bagi pelaku UMKM, terutama pemula.

"Kolaborasi antara Lumbung Dana dan POSFIN merupakan langkah nyata dalam menciptakan peluang wirausaha baru di masa pandemi, dengan menargetkan peningkatan wirausaha di kalangan pelajar, mahasiswa, pencari kerja, pelaku UMKM, pekerja kerah biru, serta masyarakat yang termasuk ke dalam kategori 3T," jelasnya.

Yoga menambahkan dalam program pembiayaan modal kerja yang diberikan di dalam ekosistem Pospay Agen, telah melalui mekanisme creditscoring dan risk assessment yang sudah dibuat secara tailor made yang juga dikalibrasi menggunakan basis inovasi teknologi program pinjaman terkini dari Lumbung Dana yang bertujuan untuk memitigasi risiko, transparansi informasi, kecepatan layanan, serta kemudahan akses.

"Kerja sama ini juga sejalan dengan visi dan misi program pinjaman Lumbung Dana untuk mengakselerasi pembiayaan permodalan UMKM melalui inklusi keuangan berbasis inovasi teknologi kepada seluruh masyarakat di wilayah Indonesia dan kami juga mengapresiasi bentuk kepercayaan yang diberikan oleh POSFIN kepada program pinjaman Lumbung Dana untuk mendukung ekosistem Pospay Agen dalam melayani masyarakat. Bentuk elaborasi ini menjadi role model yang baik untuk kami terapkan dengan ekosistem lainnya untuk terus membantu UMKM agar dapat maju dan berkembang," ujarnya.

Baca juga: Pos Indonesia: Pospay bantu masyarakat yang "unbankable"
Baca juga: Erick Thohir: Pos Indonesia ujung tombak terdepan melayani rakyat
Baca juga: PT Pos berdayakan UMKM lokal isi gerai di ruang kreatif Pos Bloc

 

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021