Pontianak (ANTARA News) - Dua jalan utama di pusat perdagangan Kota Pontianak yakni Jalan Tanjungpura dan Gajahmada, Rabu malam, macet karena iring-iringan angkutan roda empat yang mengangkut replika naga milik sejumlah yayasan pemadam kebakaran di kota itu.

Jalan di dua kawasan Pecinan itu macet karena masyarakat yang kebetulan melewati iring-iringan kendaraan pengangkut replika naga memperlambat laju kendaraannya karena penasaran untuk melihat atraksi naga tersebut.

Rosita salah seorang warga Pontianak Utara mengatakan, dirinya memperlambat laju kendaraan agar bisa melihat secara dekat iring-iringan naga yang diangkut menggunakan truk itu.

"Naga-naga tersebut tampak lebih indah karena dihiasi beraneka warna lampu," ujarnya.

Dari pantauan di lapangan tampak puluhan polisi pengatur lalu-lintas dan polisi yang memang ditugaskan menjaga iring-iringan replika naga itu sibuk mengatur kendaraan yang lalu lalang agar kemacetan tidak semakin parah.

Ketua Panitia Perayaan Cap Go Meh Yayasan Bhakti Suci Pontianak tahun 2011 Simon Budianto mengatakan, Rabu malam enam replika naga milik Yayasan Pemadam Kebakaran (YPK) Merdeka, Panca Bhakti, BPAS Siantan, Siaga, Budi Pekerti dan YPK Khatulistiwa melakukan kunjungan ke rumah Ketua Umum YBS.

"Agenda kami malam ini hanya berkunjung ke rumah Ketua Umum YBS setelah siangnya ke Kantor Pemerintah Kota Pontianak dan Provinsi Kalimantan Barat," ujarnya.

Ia menjelaskan, Kamis (17/2) pagi hingga pukul 11.00 WIB para naga itu kembali berkunjung ke rumah para donatur.

"Kemudian pukul 13.00 WIB acara puncak Cap Go Meh, yakni naga-naga tersebut melakukan atraksinya di Jalan Gajahmada dan Tanjungpura," kata Simon.(*)

(U.A057/T011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011