Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Umum Barisan Merah Putih (BMP) Provinsi Papua Wusabek Wantik mengapresiasi pembangunan pada era Jokowi Widodo dan Ma'ruf Amin selama 2 tahun terakhir ini karena masyarakat Papua benar-benar merasakannya.

Sebelumnya, pemerintahan Orde Baru membangun fasilitas pendidikan dan kesehatan di provinsi ini.

"Kini pada era Jokowi pembangunan infrastruktur berupa jalan dan jembatan tidak hanya di Papua dan Papua Barat, tetapi juga di banyak provinsi lainnya," kata Wusabek dalam keterangan tertulisnya, Minggu.


Ditegaskan pula bahwa pembangunan yang terjadi di Papua mulai dirasakan kembali di tanah Papua. Di Papua dan Papua Barat misalnya, fasilitas transportasi kini sungguh bagus, tidak kalah dengan Ibu Kota. Harga BBM dan semen yang dahulu sangat tinggi, baru pada era Jokowi harga BBM dan semen turun, bahkan sama dengan harga di Pulau Jawa.

Setelah hampir 2 tahun dilanda pandemi COVID-19, kini perekonomian dan aktivitas masyarakat, baik di jalan-jalan raya maupun di pasar, sekarang mulai ramai.

"Sekarang keadaan sudah mulai normal dan bagus. Saya melihat jalan-jalan sudah mulai macet, aktivitas transportasi darat, laut, dan udara juga sudah normal kembali, dan
pasar-pasar sudah ramai," ujar Wusabek.

Bantuan sosial yang diberikan pemerintah berupa sembako sebagai salah satu cara untuk membantu masyarakat selama pandemi tersebar merata, bahkan untuk Pulau Papua dan Pulau Kalimantan juga menerimanya. Para mama dan nenek-nenek di Papua juga mendapatkan bantuan selama pandemi.

Menyinggung soal program vaksinasi, Wusabek menilai berjalan dengan baik, khususnya di perkotaan, termasuk Papua, masyarakat lebih sadar diri untuk melakukan prokes dan mengikuti vaksinasi secara tertib.

"Kami jelas mendukung percepatan vaksinasi COVID-19. Saya sendiri sudah vaksin di gerai vaksin yang diselenggarakan oleh Polres Jakarta Pusat dan Polda Metro Jaya di Kramat, Jakarta Pusat. Rasanya seperti mengalami imunisasi kembali saat masih kecil," kata Wusabek ketika menceritakan pengalamannya saat menjalani vaksin.

Terkait dengan pandemi COVID-19 dan pembangunan infrastruktur, BMP Provinsi Papua mendukung Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Kami mendukung Pemerintah dalam menangani dan mengendalikan pandemi COVID-19 yang mendapatkan apresiasi dari dunia internasional," katanya.

Selain itu, pihaknya juga mendukung pemerintahan Jokowi dalam pembangunan infrastruktur, jalan, bendungan, irigasi/pengairan, jembatan, bandara, dan pembangunan wilayah perbatasan dan lain-lain.

Apresiasi dan dukungan terhadap hasil kerja kepemerintahan Jokowi-Ma'ruf juga disampaikan oleh tokoh muslim sekaligus Kepala Suku dan Panglima Perang Suku Hilapok Toufik Ismail Hilapok.

Menurut dia, dengan adanya pembangunan infrastruktur, mulai era Orba hingga sekarang, baru pada era Presiden Jokowilah infrastruktur itu ada di Papua. Bahkan, Jokowi berkali-kali datang ke Papua.

Hal senada juga diutarakan oleh perangkat Desa Jiwika, Kecamatan Kurulu sekaligus Kepala Suku Dani Udin Wardek Wuka. Dia menyebutkan selama ini jalan dan listrik belum pernah masuk ke perkampungan suku tersebut. Baru pada era Presiden Jokowi, listrik bisa masuk dan jalan mulai ada meski belum beraspal. Bahkan, Waimena Papua sudah mudah dijangkau.

"Saya sangat mendukung pemerintahan Jokowi," katanya.

Pernyataan dukungan terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf juga disampaikan oleh anggota BMP Provinsi Papua Abraham Jempor yang memberikan apresiasi terhadap keberhasilan pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional yang sempat terpuruk akibat pandemi.

"Kami mendorong keberhasilan pemerintah dalam pemulihan ekonomi dimasa pandemi COVID-19. Kami sangat memuji kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf yang berhasil memimpin dan membangun Indonesia. Semoga semakin maju, berdaulat, adil dan makmur," ujar Abraham.

Baca juga: BMP kecam penembakan tenaga medis di Intan Jaya

Baca juga: BMP: Peresmian Jembatan Youtefa momentum pemuda Papua kejar prestasi

Pewarta: Feru Lantara
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021