Kabupaten Bangka memiliki banyak kekayaan destinasi wisata yang indah untuk dikunjungi wisatawan baik dalam maupun mancanegara
Sungailiat, Babel (ANTARA) - Bupati Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Mulkan meyakini pembukaan rute penyeberangan laut dari Pelabuhan Sadai, Bangka Selatan, menuju Mesuji, Provinsi Lampung, berdampak positif pada peningkatan volume perdagangan kedua daerah.

"Dibukanya akses transportasi penyeberangan Pelabuhan Sadai dengan Mesuji di Provinsi Lampung berdampak positif terhadap peningkatan perdagangan atau perekonomian di kedua daerah," katanya di Sungailiat, Babel, Minggu.

Menurutnya, konektivitas kedua wilayah tersebut juga berdampak positif pada sektor pariwisata.

"Masyarakat Lampung yang hendak ke Pulau Bangka melalui jalur laut yang sebelumnya harus ke pelabuhan di Palembang, namun sekarang dapat langsung lewat Pelabuhan Mesuji," jelasnya.

Pembukaan rute penyeberangan itu, lanjut Bupati, juga mempersingkat waktu masyarakat yang hendak menuju ke Mesuji dan sebaliknya.

"Kabupaten Bangka memiliki banyak kekayaan destinasi wisata yang indah untuk dikunjungi wisatawan baik dalam maupun mancanegara," kata Mulkan.

Selain pantai, di Kabupaten Bangka juga terdapat sejumlah wisata alam di hampir semua kecamatan seperti wisata air terjun.

"Keanekaragaman kuliner yang dikembangkan pelaku UMKM juga menjadi daya dukung kepariwisataan Kabupaten Bangka," jelas Bupati.

Baca juga: Pemkab Bangka sediakan sarana ruang baca anak pesisir
Baca juga: Pemkab Bangka perluas tanaman bawang 15 hektar saat musim tanam
Baca juga: Bupati Bangka dorong petani maksimalkan budi daya bawang merah

Pewarta: Kasmono
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021