Pemprov Kalteng apresiasi capaian atlet di PON XX Papua

Pemprov Kalteng apresiasi capaian atlet di PON XX Papua

Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo menyambut kedatangan atlet-atlet PON di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, Minggu (17/10/2021). ANTARA/HO-MMC Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah mengapresiasi pencapaian atlet-atlet provinsi setempat yang telah berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

"Kami dari pemerintah provinsi merasa bangga dengan pahlawan Kalteng yang telah berlaga pada PON tahun ini," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Senin.

Kontingen PON Kalteng yang datang secara bertahap itu tiba di Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya, pada Minggu, (17/10) dan disambut oleh Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo. 

Rombongan yang tiba itu terdiri dari 28 atlet cabang olahraga dayung beserta pelatih dan tim ofisial.

Tim dayung Kalteng menorehkan sejumlah prestasi membanggakan di PON Papua, di antaranya menyabet dua medali emas melalui nomor traditional boat race (TBR) mix 200 meter dan TBR mix 1.000 meter.

Selain itu, mereka juga menyumbang medali perak lewat nomor TBR 12 kru putra 1.000 meter, TBR 12 kru putra 500 meter dan TBR 12 kru putra 200 meter.

Baca juga: Serba terbatas, tim Dayung Kalteng tetap raih emas di PON Papua 
Baca juga: Kalteng rebut emas dari Jabar di perahu naga 1.000 meter campuran 


Sementara itu, prestasi lainnya diperoleh dari cabang-cabang lain, di antaranya medali perak dari catur kategori standar beregu putra dan perunggu dari catur standar perorangan putri, serta medali perak atletik kategori 200 meter putra.

Menurut Edy, capaian Kalteng di PON Papua dapat dijadikan sebagai tolok ukur agar ke depan bisa memberdayakan atlet-atlet dari cabang olahraga lainnya, bukan cabang unggulan saja, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak prestasi sekaligus mengharumkan nama daerah.

Lebih lanjut, atas capaian para atlet di PON Papua, ia memastikan pemprov bersama KONI setempat akan memberikan apresiasi atau bonus berupa uang pembinaan kepada atlet-atlet yang meraih medali.

"Nanti akan kami inventarisir lebih lanjut," jelas mantan Bupati Pulang Pisau tersebut.

Kedatangan kontingen Kalteng sebelumnya juga disambut oleh jajaran pemerintah provinsi, yakni Sekda Kalteng Nuryakin pada Sabtu (9/10) lalu.

Nuryakin menyambut kedatangan kontingen Kalteng yang terdiri dari belasan atlet dari cabang olahraga panahan dan menembak. 

Baca juga: Kalteng siap habis-habisan lawan DKI di sepak bola putri PON Papua 
Baca juga: Bisbol Lampung awali PON Papua dengan lumat Kalteng 23-0 
Baca juga: Tim Satgas Pelatprov terus pantau atlet PON Kalteng 

 
Pewarta : Kasriadi/Muhammad Arif Hidayat
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021