Jakarta (ANTARA) - Celtic mengantungi kemenangan perdana mereka di Liga Europa musim ini seusai menundukkan Ferencvaros 2-0 dalam pertandingan ketiga Grup G di Stadion Celtic Park, Glasgow, Skotlandia, Selasa.

Kyogo Furuhashi dan David Turnbull mencetak gol-gol penyokong kemenangan perdana Celtic yang tak beranjak dari posisi ketiga klasemen Grup G dengan koleksi tiga poin.

Sementara Ferencvaros yang nirpoin setelah tiga pertandingan semakin terpatri di dasar klasemen, demikian catatan laman resmi UEFA.

Celtic memasuki pertandingan dalam kondisi terdesak karena kalah 3-4 dari Real Sociedad dan 0-4 melawan Bayer Leverkusen, sehingga dihadapkan kepada situasi wajib menang jika ingin menjaga asa lolos dari babak penyisihan grup.

Tim besutan Ange Postecoglou itu tampil menekan sejak sepak mula tapi peluang-peluang Callum McGregor dan Jota masih bisa diamankan kiper Denes Dibusz.

Sebaliknya, Ferencvaros balik mengancam lewat sepakan Myrto Uzuni yang memaksa kiper Joe Hart menepis bola ke sisi gawang dan babak pertama berlalu tanpa perubahan skor 0-0.

Baca juga: Celtic tetap lolos ke fase grup Europa walau kalah 1-2 di markas AZ

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-57 saat umpan terobosan Jota diselesaikan dengan sepakan keras Furuhashi dari luar kotak penalti untuk menaklukkan Dibusz dan membuka keunggulan Celtic.

Celtic beroleh peluang bagus untuk menggandakan keunggulan mereka setelah Adam Montgomery dijatuhkan Henry Wingo di dalam kotak terlarang, tetapi McGregor yang jadi algojo tendangan penalti gagal menaklukkan Dibusz pada menit ke-62.

Sembilan menit jelang bubaran waktu normal, Turnbull mengunci kemenangan Celtic jadi 2-0 atas Ferencvaros selepas mencetak gol jarak dekat.

Skor 2-0 yang bertahan hingga peluit bubaran sekaligus menandai kali pertama Celtic mampu menorehkan catatan nirbobol setelah 14 pertandingan di kompetisi Eropa.

Di pertandingan keempat, Celtic akan berganti melawat ke markas Ferencvaros di Stadion Groupama Arena, Hongaria, pada 4 November nanti.

Baca juga: Hasil undian Liga Europa: Grup B panas ada Monaco, PSV dan Sociedad
Baca juga: Kasper Schemeichel ingin Leicester City melangkah jauh di Liga Europa

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2021