Jakarta (ANTARA) - Berbagai informasi ekonomi dari ANTARA yang disiarkan pada Sabtu (23/10) menarik perhatian pembaca seperti fokus baru Telkomsel sebagai agregator bagi business to commerce (B2C) untuk pengembangan kreator game lokal, hingga Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang menilai digitalisasi koperasi adalah peluang emas dan penting pada era digital.


Erick Thohir : Fokus baru Telkomsel mendukung kreator game lokal

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan fokus baru Telkomsel dengan menjadi agregator bagi business to commerce (B2C) untuk mendukung pengembangan kreator lokal baru, salah satunya kreator game lokal.

Dikatakannya, Telkomsel akan diubah menjadi agregator untuk business to commerce (B2C), salah satunya yang mungkin teman-teman mahasiswa mainkan saat ini yakni game online, e-sports. Game online dan e-sports saat ini mayoritas gamenya buatan asing.

Baca di sini


Kementerian ESDM inisiasi perdagangan karbon untuk kurangi emisi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menginisiasi sistem cap and trade carbon melalui uji coba perdagangan karbon di subsektor ketenagalistrikan untuk memangkas emisi gas rumah kaca yang dilepaskan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

Langkah ini bertujuan untuk mendukung target pemangkasan emisi karbon atau gas rumah kaca di sektor energi sebesar 314-398 juta ton pada 2030, kata Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Rida Mulyana dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Sabtu.

Baca di sini

Kementerian PUPR : 1.067 rumah subsidi di Kalsel dapat bantuan PSU 2021

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan sebanyak 1.607 unit rumah bersubsidi di Kalimantan Selatan pada 2021 mendapatkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) dengan total anggaran Rp10,4 miliar.

"Pemerintah akan terus mendorong pembangunan rumah bersubsidi di seluruh Indonesia. Untuk itu, pemerintah memberikan stimulan berupa PSU bagi para pengembang perumahan yang membangun rumah bersubsidi," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam rilis di Jakarta, Sabtu.

Baca di sini


Erick Thohir siapkan pendanaan bagi startup Indonesia di tiga BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir menyiapkan pendanaan untuk startup dan unicorn karya anak bangsa di tiga BUMN yakni Telkom, Mandiri dan BRI ventures.

"Kami siapkan pendanaannya di Telkom, Mandiri, dan BRI ventures. Karena kenapa? Kebanyakan unicorn dan startup Indonesia sekarang dimiliki oleh asing," ujar Erick Thohir dalam orasi ilmiah virtual di Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Barat, Sabtu, yang dipantau dari Jakarta.​​​​​​​

Baca di sini


Airlangga : Digitalisasi koperasi jadi peluang emas pada era digital
​​​​​​​
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menilai digitalisasi koperasi merupakan peluang emas dan menjadi sangat penting pada era digital.

Saat ini, pasar digital di Indonesia mencapai 44 miliar dolar AS dan pada 2025 diprediksi akan mencapai sekitar 125 miliar dolar AS.

"Jika seluruh koperasi ini dilakukan digitalisasi, dengan anggota yang lebih dari 25 juta, tentu akan menjadi nilai yang luar biasa," ungkap Airlangga dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu.

Baca di sini

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2021