Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan Purnapaskibraka merupakan Duta Pancasila untuk mengarus-utamakan ideologi negara ini ke masyarakat.

Menurutnya, para Purnapaskibraka yang ditetapkan sebagai Duta Pancasila melalui kegiatan “Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Purnapaskibraka Sebelum Tahun 2021” merupakan elemen penting dan kekuatan bangsa karena keberhasilan mereka menempati berbagai posisi strategis di dalam masyarakat.

“Penetapan Duta Pancasila diharapkan menjadi pelopor semangat bagi Purnapaskibraka agar senantiasa beraktivitas dengan masyarakat dalam mengarusutamakan Pancasila,” ucap Yudian Wahyudi saat membuka kegiatan “Pembinaan Ideologi Pancasila bagi Purnapaskibraka Sebelum Tahun 2021” secara daring dari Jakarta, Senin.

Aktivitas mengarus-utamakan Pancasila itu, lanjut Yudian Wahyudi, dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan sehari-hari yang meningkatkan toleransi dan kerukunan masyarakat di berbagai bidang serta aspek kehidupan.

Baca juga: BPIP optimalkan pembinaan Ideologi Pancasila lewat medsos
Baca juga: BPIP kawal penyusunan perundang-undangan agar selaras nilai Pancasila
Baca juga: BPIP: Apel ingatkan ASN tentang tanggung jawab sebagai warga negara


Contohnya, sebagai Duta Pancasila, para Purnapaskibraka diharapkan dapat menjadi penggerak utama masyarakat menghadapi tantangan dari pandemi COVID-19 ini. Mereka bisa memberikan teladan kepada anak muda lainnya untuk mencintai produk Indonesia sebagai bagian dari upaya mendukung pemulihan ekonomi bangsa Indonesia.

“Pesan kami kepada Duta Pancasila, Purnapaskibraka, yang harus selalu diingat adalah estafet para pahlawan berada di pundak dan nama besar Purnapaskibraka. Tetaplah tegak menjadi kekuatan pemersatu bangsa yang mengawali kibaran sang pusaka merah putih di seluruh pelosok tanah air Indonesia,” kata Yudian Wahyudi.

Ia juga menjelaskan pembinaan yang berlangsung didasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila kepada Generasi Muda melalui Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

Sebelumnya dalam sesi sambutan kegiatan tersebut, Deputi Bidang Pendidikan dan Pelatihan BPIP Baby Siti Salamah menjelaskan pembinaan dimaksudkan untuk menanamkan kembali nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda, khususnya Purnapaskibraka, baik di pusat maupun daerah untuk menumbuhkan jiwa Pancasila.

Pembinaan ideologi Pancasila ditujukan untuk meningkatkan kecintaan pesertanya kepada bangsa dan negara, memperkuat penghayatan terhadap nilai-nilai Pancasila, dan memperteguh komitmen pada Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Peserta pembinaan merupakan seluruh Purnapaskibra dari 1945 hingga 2020 di seluruh Indonesia, bahkan mereka yang tengah berada di luar negeri dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi mengikuti kegiatan ini secara daring.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2021