Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, pemerintah khususnya Kominfo sangat mendukung penuh pertumbuhan industri game dan esports di Indonesia.

Saat ini, kata Semuel, Kominfo tengah berupaya untuk mendorong lebih banyak lahirnya developer atau pengembang game lokal dalam industri game dan esports.

"Kominfo sedang mengkaji hal ini. Kalau startup kan sudah punya program, kita ingin buat konsep yang sama yaitu membantu anak-anak muda di Indonesia bisa mengembangkan game dan mendapatkan banyak pengguna," kata Semuel dalam diskusi panel virtual "Pertumbuhan Cepat, Inovasi serta Peran Industri Game dan Esports di Indonesia", Rabu.

Lebih lanjut, Semuel mengatakan, para developer lokal diharapkan dapat menciptakan game dengan karakter dan nuansa yang kental akan Tanah Air.

"Dari sejarah kita ini banyak sekali yang bisa diadaptasi menjadi game dan itu menarik. Itu tantangan untuk para developer," ujarnya.

"Jadi kita harapkan game-game yang berkembang ini bisa membangun wawasan kebangsaan dengan local wisdom yang ditonjolkan," lanjut Semuel.

Paling tidak, kata Semuel, game yang diciptakan oleh para developer lokal dapat mengambil ikon-ikon yang menjadi ciri khas berbagai kota di Indonesia. Dengan demikian, game yang diciptakan akan memiliki personal attachment karena sangat relevan dengan keseharian para pemain game di Indonesia.

Sementara Koordinator Pengendalian Konten Internet Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Anthonius Malau mengimbau agar para developer tetap memperhatikan regulasi yang ada untuk menghindari pemblokiran.

"Kami mengimbau game developer ini mengembangkan game yang edukatif, jangan sampai ada yang melanggar undang-undang karena akan terkena pemblokiran," kata Anthonius.

Perkembangan industri game dan esports saat ini memang mengalami pertumbuhan yang cukup pesat termasuk di Indonesia.

Menurut data Sensor Tower, secara global, Indonesia masuk sebagai negara nomor 4 dalam kontribusi mengunduh game terbanyak setelah India, Amerika Serikat, dan Brazil pada tahun 2020, yakni 4 persen dari pasar instalasi game.

Kemudian pada kuartal I 2021, Indonesia naik peringkat menjadi nomor 2 setelah India, dengan pertumbuhan sekitar 26 persen.

Baca juga: Kominfo harapkan konten game dalam negeri terus tumbuh

Baca juga: IDGX kembali digelar untuk dukung game lokal

Baca juga: Merajut Nusantara dari Industri Game

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021