Baznas canangkan empat penguatan pengumpulan zakat

Baznas canangkan empat penguatan pengumpulan zakat

Ketua Baznas RI Noor Achmad saat memberikan sambutan pada pembukaan Rapat Koordinasi Baznas se-Provinsi Jambi di Hotel BW Luxury Jambi, Kamis (28/10/2021). Baznas RI canangkan empat penguatan pengumpulan zakat. (Antara/Muhamad Hanapi)

Jambi (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI mencanangkan empat penguatan untuk mengefektifkan pengumpulan zakat di nusantara.

"Baznas RI tahun 2021 ini mencanangkan empat penguatan pengumpulan zakat," kata Ketua Baznas RI Noor Achmad saat menghadiri Rapat Koordinasi Daerah Baznas se-Provinsi Jambi di Jambi, Kamis.

Empat penguatan yang di canangkan Baznas RI tersebut yakni penguatan kelembagaan, manajemen dan organisasi, penguatan Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan sarana, prasarana dan infrastruktur, dan penguatan jaringan.

Noor Achmad menjelaskan penguatan tersebut dilakukan karena masih banyak masyarakat yang mengira bahwa Baznas merupakan organisasi masyarakat, LSM maupun partai politik. Noor Achmad menegaskan bahwa Baznas merupakan lembaga pemerintah non struktural.

Baca juga: Maksimalkan ZIS, Sucofindo-Baznas luncurkan unit pengumpul zakat

Baca juga: Wali Kota optimistis Baznas Surabaya mampu entaskan kemiskinan


Sehingga Baznas merupakan lembaga resmi dari pemerintah untuk mengumpulkan zakat dan menyalurkan zakat kepada masyarakat yang membutuhkan yang termasuk dalam golongan delapan asnab penerima zakat.

"Dalam penguatan organisasi Baznas merupakan organisasi yang memiliki metodologi yang sama dari Baznas Pusat hingga Banzas di daerah," kata Noor Achmad.

Penyaluran bantuan berupa zakat dan infaq dari Baznas lebih fleksibel. Sehingga kapan saja di butuhkan Baznas dapat membantu masyarakat tanpa harus menunggu waktu yang lama. Apa lagi menunggu dianggarkan seperti anggaran pemerintah.

Seperti bantuan bencana alam, bantuan anak sekolah hingga bantuan untuk anak-anak tidak mampu yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun di luar negeri.

"Di masa pandemi COVID-19 ini Baznas turut memberikan bantuan keuangan kepada pelaku UMKM senilai Rp1 juta yang tersebar di seluruh nusantara, dan untuk Provinsi Jambi akan di bantu 100 pelaku UMKM," kata Noor Achmad.

Selain itu Ketua Baznas RI berharap pelaksanaan rapat koordinasi Baznas di Provinsi Jambi dapat menjadi percontohan pelaksanaan rapat koordinasi di provinsi lainnya di Indonesia. Dimana di sepanjang jalan-jalan protokol dalam Kota Jambi di kibarkan bendera Baznas sebagai media sosialisasi.

Diharapkan Baznas di nusantara dapat melahirkan inovasi-inovasi menarik lainnya dalam pengumpulan zakat, infak dan sedekah, seperti program yang di luncurkan Baznas Provinsi Jambi sedekah dua puluh ribuan satu bulan (Durian).*

Baca juga: Baznas Yogyakarta salurkan bantuan untuk anak yatim karena COVID-19

Baca juga: Baznas Bazis Jaksel optimistis pengumpulan ZIS 2021 lampaui target
Pewarta : Muhammad Hanapi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021