PMI himpun 134 kantong darah dari komunitas di Lombok

PMI himpun 134 kantong darah dari komunitas di Lombok

Anggota berbagai komunitas yang tergabung Kolaborasi KITA saat menggelar donor darah untuk kemanusiaan. ANTARA/HO-Kolaborasi KITA.

Mataram (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) berhasil menghimpun sebanyak 134 kantong darah dari 13 komunitas berbagai latar belakang di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat yang menjadi pendonor untuk kemanusiaan.

"Aksi donor darah untuk kemanusiaan tersebut digelar kolaborasi antara PMI dengan Komunitas Indonesia Timur Area (KITA)," kata Koordinator Kolaborasi KITA Lombok Lalu Heru, melalui keterangan tertulis di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan PMI mendatangi satu persatu markas para komunitas anak motor, karang taruna hingga nelayan di Pulau Lombok.

Sebanyak 254 anggota komunitas mendaftar menjadi pendonor. Mereka berasal dari komunitas anak motor Bold Riders, Karang Taruna Heppiii Community, dan nelayan.

Lalu Heru mengatakan kegiatan donor darah Kolaborasi KITA di Pulau Lombok, memasuki tahun ke dua dengan tema yang sama, yakni Bakti Pemuda Setetes darah untuk negeri 2021.

Baca juga: Garda Pemuda NasDem gelar donor darah peringati Sumpah Pemuda
Baca juga: Pemkot Jakpus dan FKMD gelar donor darah sambut Hari Sumpah Pemuda

Antusiasme donor tahun ini lebih tinggi di banding tahun sebelumnya. Karena itu PMI juga memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

"Kami juga ucapkan terima kasih kepada PMI yang telah mendatangi komunitas, berapapun jumlah pendonor tetap didatangi. Kami bersyukur ada banyak kantong darah yang bisa diberikan oleh para komunitas untuk membantu sesama," ujarnya.

Lalu Heru menyebutkan 13 komunitas yang terlibat adalah Karang Taruna Pattirata, Wanasaba Kreatif, Sakra Barat ITE, Denakang Tanjung Luar, Mertak Gawah, Pokdarwis Besasakan, dan Nelayan Jambi Anom.

Selain itu, anak motor Bold Riders, yakni CBR Club Indonesia, Soltan Joker Lombok, Dewata Rockers Lombok, Semeton Riders Lombok. Kemudian komunitas pemancing Sasaq Fishing, dan Farm's Community.

Ia mengatakan kegiatan donor darah masih dalam momen Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

"Selain dari komunitas, juga banyak mengajak masyarakat sekitar komunitas tinggal. Ada juga pendonor aktif yang rutin berdonor juga ikut gabung dalam kegiatan tersebut," ucapnya.

Baca juga: Kemenparekraf dan PMI Jakarta hadirkan 'Geber Donor Darah'
Baca juga: Ikatan Apoteker cabang Jakarta Pusat selenggarakan donor darah

Program donor darah bertema "Setetes darah untuk negeri 2021" itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan sosial yang telah diinisiasi oleh Kolaborasi KITA sejak 2020.

Dalam berbagai kegiatan itu, Kolaborasi KITA didukung berbagai komunitas besar, seperti Super Friends, Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community yang tersebar di berbagai kota di Indonesia bagian timur.

Kegiatan donor darah itu juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI, yaitu donor darah di kabupaten/kota terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya pada 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI, yaitu donor darah oleh komunitas terbanyak dan donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Untuk kegiatan yang bertepatan dengan bulan Sumpah Pemuda 2021 melibatkan lebih dari 800 komunitas dengan ribuan anggota di 80 kota/kabupaten di Indonesia bagian timur.

Baca juga: PMI-BNI-Universitas Brawijaya targetkan himpun 1.000 kantong darah
Pewarta : Awaludin
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2021