Jakarta (ANTARA) - Al-Sadd mengonfirmasi transfer Xavi Hernandez ke Barcelona sebagai pelatih baru untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat akhir bulan lalu.

Beberapa hari belakangan, petinggi Barcelona memang telah terbang ke Qatar untuk melakukan pembicaraan dengan pihak Al-Sadd dalam upaya untuk memulangkan Xavi ke Camp Nou. Xavi akan mengambil alih posisi Sergi Barjuan, yang ditunjuk sebagai pelatih sementara.

Al Sadd dalam sebuah pernyataan resmi mereka, mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Barcelona.

Baca juga: Xavi Hernandez minta Al-Sadd melepasnya ke Barcelona
Baca juga: Xavi sudah siap latih Barcelona, kata Guardiola

 
"Administrasi klub telah menyetujui transfer Xavi ke Barcelona setelah pembayaran nilai klausul rilis yang ditetapkan dalam kontraknya," di situs resmi klub Qatar tersebut, yang dikutip Goal pada Jumat.

"Xavi dianggap sebagai bagian penting dari sejarah kami dan kami berharap dia sukses di masa depan."

Pelatih berusia 41 tahun tersebut dianggap sebagai salah satu pemain paling sukses dalam sejarah Barcelona, setelah memenangkan 25 trofi di Camp Nou antara 1997 sampai 2015, termasuk delapan gelar LaLiga dan Liga Champions.

Pemain asal Spanyol itu membuat 767 penampilan untuk klub, rekor yang hanya bisa dilampaui oleh Lionel Messi. Dia juga menyumbang 85 gol dan 185 assist untuk klub Katalunya tersebut.

Xavi meninggalkan Barcelona dan bergabung ke Al Sadd pada 2015. Dia gantung sepatu empat tahun kemudian sebelum menjadi pelatih permanen klub tersebut dan sukses mempersembahkan gelar liga di musim keduanya sebagai pelatih. Al Sadd lalu memenangkan lima trofi lagi di Xavi.

Baca juga: Barcelona tunjuk Sergi Barjuan sebagai pelatih sementara
Baca juga: Barcelona menang susah payah 1-0 atas Dynamo Kiev
Baca juga: Barcelona tertarik datangkan Donny van de Beek Januari mendatang

 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2021