Ibas harap Andika jadikan TNI lebih profesional dan merakyat

Ibas harap Andika jadikan TNI lebih profesional dan merakyat

Anggota DPR/MPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono. ANTARA/HO-Dokumen Pribadi.

Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berharap calon tunggal panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dapat menjadikan Tentara Nasional Indonesia lebih dekat kepada rakyat dan terus profesional menjalankan tugasnya.

Menurut dia TNI yang profesional dan merakyat merupakan tugas yang harus ditunaikan oleh Andika Perkasa saat ia nantinya dilantik jadi panglima TNI menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

"Harapan saya, Jenderal Andika Perkasa dapat memberi energi positif dalam kemampuan, loyalitas dan kepemimpinan yang teruji sehingga dapat membawa TNI ke arah yang lebih profesional, merakyat dan hebat untuk mempertahankan Pancasila, NKRI, serta melindungi rakyat," kata Ibas sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Rapat Paripurna DPR RI pada Senin menyetujui calon Panglima TNI atas nama Jenderal Andika Perkasa yang telah diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR RI pada pekan lalu.

Baca juga: Bamsoet harap Andika Perkasa ayomi tiga matra secara bijak

Baca juga: Puan Maharani: Jenderal Andika harus kerja maksimal


Persetujuan itu diberikan oleh anggota setelah Andika Perkasa menjalani uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi I DPR RI, Sabtu (7/11).

Hasilnya, Komisi I menyetujui Andika Perkasa sebagai panglima TNI, dan menyetujui pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI.

Ibas turut hadir secara virtual dalam Rapat Paripurna DPR RI yang menyetujui pencalonan Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru.

Ibas yang menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR RI, tidak dapat menghadiri kegiatan secara langsung, karena dia menemani ayahnya, Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono menjalani perawatan kanker prostat di Amerika Serikat.

Meskipun tidak hadir secara langsung, Edhie Baskoro menyampaikan pihaknya berkomitmen mendukung kerja-kerja TNI di bawah kepemimpinan panglima baru.

"Kami juga berharap agar Jenderal Andika Perkasa dapat terus meningkatkan kesatuan dan persatuan TNI kita menjadi TNI yang kuat, TNI yang sejahtera, dan TNI yang modern dalam harmoni Bhineka Tunggal Ika. Saya pribadi dan Fraksi Partai Demokrat siap bersinergi lebih lanjut," ujarnya.
Pewarta : Genta Tenri Mawangi
Editor: Chandra Hamdani Noor
COPYRIGHT © ANTARA 2021