Jakarta (ANTARA) - Gandum dikenal kaya akan serat yang membantu fungsi pencernaan, kandungan beta-glucan di dalam oat membantu mengelola kadar kolesterol dalam darah.

Oleh karena itu, gandum atau oat sering digunakan sebagai menu makan sehat atau diet bagi mereka yang ingin menerapkan pola hidup sehat.

Chef Devina Hermawan berbagi resep membuat roti sehat dari rolled oat yang bisa dijadikan sebagai sarapan sehat yang memberikan energi untuk memulai hari.

Bahan untuk 1 loaf (ukuran Loyang 20cm x 10cm x 14cm)

Bahan Oat Bread
300 gr Tepung Terigu Protein Tinggi
35 gr Rolled Oat, haluskan
35 gr Gula Palem
5 gr Ragi Instan
155 gr Susu/Susu Almond
1 btr Telur

Bahan Tambahan
30 gr Margarin
3 gr Garam

Bahan Topping
60 gr Rolled Oat

Cara membuat
1. Campurkan semua bahan oat bread, aduk dengan mixer hingga setengah kalis lalu masukkan bahan tambahan. Mixer kembali hingga kalis elastis. Diamkan selama 60 menit dalam keadaan tertutup hingga adonan mengembang.

2. Kempeskan adonan yang sudah mengembang, lalu pipihkan memanjang. Taburkan rolled oats kemudian gulung, pindahkan ke dalam Loyang. Istirahatkan kembali selama 30 menit dalam keadaan tertutup hingga mengembang.

3. Oles permukaan roti yang sudah mengembang dengan air, taburkan rolled oat sebagai topping. Panggang di oven dengan suhu 180 derajat selama 30 menit.


Baca juga: Serasa berlibur, coba resep roti kaya di rumah

Baca juga: Resep sandwich ayam mayo dengan saus jamur ala Dimsthemeatguy

Baca juga: Lima resep seru berbahan bayam, es krim sampai puding roti

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2021