Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia mengatakan program Digital Talent Scholarship (DTS) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mempersiapkan dan meningkatkan talenta digital nasional.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Dr. Hary Budiarto, M.Kom, melalui keterangan pers pada Selasa.

"Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan untuk mengamplifikasi program pengembang talenta digital dalam payung Digital Talent Scholarship yang mensinergikan ide, program yang dapat mendukung terciptanya telenta digital Indonesia," kata Hary.

Pada 2021, Kominfo sendiri menargetkan untuk mencetak sebanyak 100 ribu talenta digital. Nantinya, peserta yang mengikuti program DTS sampai akhir akan mendapatkan sertifikat bertaraf nasional hingga internasional.

Pengetahuan dan sertifikasi tersebut diharapkan dapat menjadi bekal para peserta untuk menghadapi dunia kerja yang berbasis digital.

Baca juga: Kominfo siapkan regulasi pastikan biaya infrastruktur TIK bisa efisien

Lebih lanjut, Hary mengatakan pandemi mempercepat digitalisasi di semua matra kehidupan di seluruh dunia dan Indonesia. Kebutuhan akan talenta digital yang mumpuni dan kompeten dalam jumlah besar menjadi keniscayaan yang semakin mendesak untuk mengisi kebutuhan industri baik di masa kini dan di masa depan.

Hary mengatakan, Indonesia membutuhkan 600 ribu talenta digital per tahun dan 9 juta orang hingga tahun 2030.

Kementerian Kominfo pun bekerja sama dengan sejumlah pihak, termasuk perusahaan teknologi yang kembali menghelat program Seeds for the Future 2021, mulai tanggal 8-15 November untuk talenta terkemuka dari berbagai universitas di Indonesia.

Diselenggarakan secara daring, program tahun ini menitikberatkan pada penyiapan talenta digital untuk menghadapi tren perubahan pekerjaan masa depan (the future of work) terutama pasca pandemi dan membuka kesempatan bagi peserta untuk berjejaring secara internasional.

Baca juga: Kominfo minta Indosat- 3 tetap ikuti prinsip bisnis sehat usai merger

Baca juga: 4 juta vaksin Sinovac tiba hari ini

Baca juga: Kominfo setujui merger Indosat dan Tri

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2021