"Luapan air sungai merendam wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Tengah dan Sebagian wilayah Banjarmasin Utara,"
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Fahruraji mengatakan daerahnya menetapkan status siaga bencana karena air sungai mulai meluap.

"Sejumlah wilayah mulai terjadi genangan cukup tinggi sejak kemarin(Selasa,9/11) malam ," ujarnya di Banjarmasin, Rabu.

Menurut Fahruraji, sejak 1 November 2021, daerahnya sudah menetapkan status siaga bencana banjir, tanah longsor dan gelombang pasang.

"Khususnya kita ingatkan ini di wilayah berdekatan dengan sungai," ujarnya.

Air sungai yang meluap ditambah sering terjadi hujan yang curahnya cukup tinggi, kata Fahruraji, hingga mengakibatkan ada sebagian wilayah pemukiman warga yang mengalami genangan hingga 40 centimeter.

"Kita terus pantau intensitas ketinggian air sungai, sekaligus menyiapkan penanganan jika sampai terjadi genangan lebih parah lagi," tuturnya.

Fahruraji mengemukakan, berdasarkan pantauan pihaknya sejak kemarin malam (selasa) hingga dinihari tadi (Rabu) wilayah yang terdampak air sungai meluap atau banjir rob akibat La Lina di wilayah berdekatan dengan aliran sungai.

"Luapan air sungai merendam wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, Banjarmasin Barat, Banjarmasin Tengah dan Sebagian wilayah Banjarmasin Utara," ucapnya.

Adapun rinciannya di Banjarmasin Barat di Jalan Jafri Zam-zam Keleluran Belitung Selatan dengan ketinggian air 20-30 cm, di Jalan Pembangunan Ujung Keluraham Kuin Cerucuk ketinggian air40 cm.

Selanjutnya di jalan Kuin Keluraham Kuin Selatan ketinggian air 20--30 cm, Jalan Simpang Anem Kelurahan Belitung Utara ketinggian air 30--40 cm, Jalan Cendrawasih, Kelurahan Belitung Selatan ketinggian air 20--30 cm.

Kemudian di Jalan Sutoyo S, Kelurahan Teluk Dalam ketinggian air 30--40 cm, Jalan Belitung GangTunas Baru Kelurahan Belitung Selatan ketinggian air 20--40 cm.

Kemudian di wilayah Banjarmasin Tengah di Jalan Rawasari Komplek Citra Sari Kelurahan Teluk Dalam ketinggian air 20--30 cm.

Untuk wilayah Banjarmasin Selatan di Jalan 9 Oktober, Kelurahan Pekauman ketinggian etinggian air 20--30 cm dan di jalan Kelayan B Kelurahan Kelayan Timur ketinggian air 20--30 cm.

"Sementara itu di Kecamatan Banjarmasin Utara di Jalan Pangeran Kelurahan Pangeran dengan ketinggian air 20--30 cm," ujar Fahruraji.
Baca juga: Sungai pasang picu genangan di Banjarmasin
Baca juga: Banjarmasin kembali dilanda air pasang picu banjir
Baca juga: Banjarmasin akhiri status tanggap darurat banjir dan air pasang

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021