Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) menyatakan bahwa para pengguna drone tidak diperbolehkan menerbangkan pesawat saat balapan World Superbike di Sirkuit Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Pemegang hak siar pada balapan WSBK maupun MotoGP itu adalah Dorna Sport, sehingga drone tidak boleh terbang sembarangan saat balapan berlangsung," kata Ketua APDI Akbar Marwan di Lombok Tengah, Jumat.

Baca juga: Kemarin, insiden peti kargo Ducati hingga pengamanan Sirkuit Mandalika

Apabila ada oknum komunitas pengguna drone yang nekat menerbangkan pesawat, tentu akan ada sanksi yang diberikan sesuai aturan dari kementerian perhubungan.

"Penerbangan drone harus dikoordinasikan dan dikomunikasikan dengan penyelenggara. Kalau itu dilanggar bisa diberikan saksi pidana," katanya.

Ia mencontohkan ketika balapan dimulai dan ada yang menerbangkan drone, tentunya akan dilakukan penindakan oleh petugas keamanannya yang telah disiagakan.

"Jagan sampai saat menerbangkan pesawat drone bisa mengganggu jalanya balapan," katanya.

Untuk meningkatkan pengetahuan para komunitas drone di Indonesia, APDI telah melakukan sosialisasi tentang atuan dan etika dalam penerbangan pesawat drone termasuk menjelang WSBK di Sirkuit Mandalika.

Selain itu, kegiatan itu untuk meningkatkan sumber daya manusia, sehingga mereka tetap menjaga keamanan dan kondusifitas saat menerbangkan pesawat drone.

"Yang perlu diperhatikan agar aman menerbangkan drone, yakni mengetahui seluruh peraturan mengenai penerbangan pesawat," katanya.

Baca juga: Kemenhub siapkan sembilan kapal cepat untuk penonton WSBK Mandalika

Baca juga: MGPA klarifikasi pembukaan peti box motor bagian dari Custom Clearance


Ia mengimbau kepada semua pengguna drone di Indonesia maupun yang ada di NTB untuk bisa menjaga keamanan dan mendukung ajang balap World Superbike dan MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Pertamina Mandalika.

"Semoga para pengguna drone akan turut menjaga kondusifitas saat balapan WSBK maupun MotoGP," katanya.

Sirkuit Mandalika Lombok Tengah menjadi tuan rumah pada balap Asia Talent Cup tanggal 12-14 November, selanjutnya balap motor Wolrd Superbike tanggal 19-21 November dan MotoGP pada Maret 2022.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021