Masing masing venue akan dijaga oleh beberapa personel dari PLN. Kami pastikan untuk memberikan yang terbaik untuk Mandalika
Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat mendatangkan empat unit Uninterrutible Power Supply (UPS) atau baterai penyimpan energi berkapasitas 1.070 kVA untuk mendukung suksesnya event World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika.

"Kami mendatangkan empat unit UPS dari PLN unit lain di Nusa Tenggara Timur, Jakarta, dan Bali. Ada juga dua unit dari Sumbawa dan satu dari Mataram (NTB)," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran, di Mataram, Jumat.

Tidak hanya UPS, kata dia, pihaknya juga telah menyiapkan sarana dan prasarana lain untuk memastikan keandalan selama event berlangsung, yakni sebanyak 47 mobil, 12 sepeda motor, enam unit mobile trafo, tujuh unit genset dengan total kapasitas 3.200 kilo Watt.

"Untuk genset, dua unit kami mobilisasi dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap Jeranjang di Kabupaten Lombok Barat, dan sebagian lain dari Sumbawa, dan Bima," ujarnya.

Lasiran menyebutkan nilai investasi yang dikeluarkan untuk membangun infrastruktur ketenagalistrikan untuk mendukung event WSBK, mencapai Rp47,5 miliar.

Investasi yang dikeluarkan tersebut untuk merealisasikan skema Zero Down Time, yaitu listrik layanan tanpa kedip dengan cara penyediaan sistem suplai berlapis, untuk menyukseskan dua seri balap motor internasional, yakni Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) pada 12-14 November, dan WSBK pada 19-21 November 2021.

"Itu dukungan penuh PLN untuk menyukseskan IATC dan WSBK," ucapnya pula.

Selain infrastruktur kelistrikan yang telah siap untuk melistriki perhelatan akbar, PLN juga menyiagakan 244 personel untuk menjaga keandalan listrik di di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

Tambahan personel dari Sumbawa dan Bima, atau bahkan dari luar NTB juga siap untuk didatangkan apabila diperlukan.

Lasiran menambahkan koordinasi dengan PT ITDC selaku pengelola KEK Mandalika, juga terus dilakukan untuk memastikan kesiapan listrik di masing-masing venue. Terdapat beberapa titik yang krusial, yaitu race control, bright store, TV compound, medical center, observation deck dan juga pit building.

"Masing masing venue akan dijaga oleh beberapa personel dari PLN. Kami pastikan untuk memberikan yang terbaik untuk Mandalika," katanya.

Baca juga: PLN siapkan sistem suplai listrik berlapis untuk WSBK Mandalika Lombok
Baca juga: AirNav siapkan jalur helikopter di ajang WSBK Mandalika
Baca juga: Presiden: Prokes WSBK Mandalika jangan kendur

 

Pewarta: Awaludin
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2021