Kegiatan ini merupakan kolaborasi RNI dengan Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK untuk mensosialisasikan kepada karyawan mengenai pentingnya profesional berintegritas
Jakarta (ANTARA) - PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau RNI sebagai calon induk Holding BUMN pangan bersinergi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam rangka memperkuat integritas karyawan.

Direktur Utama RNI Arief Prasetyo Adi mengatakan integritas merupakan hal yang harus menjadi landasan dalam menjalankan setiap aktivitas bisnis di perusahaan. Integritas adalah hal utama dan kunci, tidak ada toleransi bagi yang bermain-main dengan integritas.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi RNI dengan Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK untuk mensosialisasikan kepada karyawan mengenai pentingnya profesional berintegritas," kata Arief dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Arief menyampaikan RNI telah menerapkan kebijakan untuk penerapan tata Kelola perusahaan yang baik atau Good Corporate Governance (GCG), Kebijakan Anti Gratifikasi, Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), RNI Integrity Line (Whistle Blowing System), Pelaporan LHKPN, dan Code of Conduct.

PT RNI terus memupuk dan memperkuat semangat integritas, penerapan nilai inti atau Core Value AKHLAK dan semangat inovasi untuk kemajuan perusahaan.

Direktorat Sosialisasi dan Kampanye Antikorupsi KPK, Wuryono Prakoso selaku fungsional utama mengatakan bahwa kemampuan korporasi menumbuhkan budaya integritas akan menentukan daya saing ke depan.

"Modal kultural yang selaras antara integritas individu, komunitas, serta korporasi menjadi faktor penentu keberlanjutan korporasi untuk bertahan dan memiliki resiliensi bisnis dalam persaingan baik secara sektoral maupun regional kawasan," kata Wuryono.

Sementara itu, Saut Situmorang Pimpinan KPK Periode 2015 - 2019 mengatakan, integritas di perusahaan harus dibangun secara sistematis baik dari hal yang bersifat general hingga ke hal yang mendetail, seperti terkait aspek etika dasar dalam pergaulan khususnya di lingkungan kerja.

Upaya tersebut dalam rangka membangun kebiasaan dan karakter berintegritas dari setiap individu di dalam perusahaan.

“Pimpinan harus whiter than white, lebih putih dari putih, artinya menjunjung tinggi integritas,” kata Saut.

Ia juga membagikan pengalaman dalam melakukan edukasi dan pencegahan korupsi serta upaya menegakkan pemberantasan korupsi selama menjabat sebagai pimpinan KPK. Hal paling utama dalam penegakan integritas di lingkungan perusahaan adalah contoh atau teladan yang diberikan langsung oleh pemimpinnya.

Baca juga: PTPN III dan PT RNI jalin kerja sama pengembangan lahan tebu

Baca juga: PT RNI ungkap harmonisasi inbreng Holding BUMN Pangan sudah dilakukan

Baca juga: PT RNI ajak milenial jadi petani tebu bantu transformasi industri gula

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2021