Port-au-Prince (ANTARA News) - Bintang pop AS asal Kolombia, Shakira, Jumat WIB ini menyumbang uang senilai 400.000 dolar untuk membantu pembangunan kembali sebuah sekolah untuk perempuan di Haiti yang rusak parah diguncang gempa bumi tahun lalu.

Peraih penghargaan Grammy dan penulis lagu itu mengumumkan sumbangannya selama mengunjungi ibukota Haiti, Port-au-Prince. Di sana dia menari dan menyanyi bersama para pelajar sekolah umum Elie Dubois.

"Saya meyakinkan kunci untuk meraih masa depan mulia untuk rakyat Haiti adalah melalui pendidikan," kata Shakira.

Para pelajar menyanyikan lagu tema Piala Dunia "Waka Waka".

Shakira ditemani Kepala Inter-American Development Bank, Luis Alberto Moreno. Lembaga donor pinjaman multilateral berbasis di Washington itu berencana menyalurkan kontribusi Shakira dalam usaha membangun kembali sekolah.

Sekolah yang sudah hampir berumur 100 tahun itu, rusak parah saat gempa bumi melanda Haiti pada 12 Januari 2010. Bencana itu membunuh lebih dari 300.000 orang di salah satu negara termiskin dunia itu.

Lebih dari setahun kemudian, dinding dan langit-langitnya menunjukkan retakan besar yang memaksa lebih dari 200 siswa untuk belajar di gedung di dekatnya.

Para pejabat lokal mengatakan mereka berharap kelas-kelas bisa memulai kembali sekolah pada Oktober.

"Saya ingin mengatakan pada gadis-gadis sekolahan ini bahwa ini kesempatan besar yang ditawarkan kehidupan untuk kalian, yaitu pendidikan," kata Shakira. "Makanya manfaatkanlah karena saya yakin kalian bisa meraih apapun mimpi kalian."
Neny

Penerjemah:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011